29 June 2020, 05:40 WIB

Warga Patuh, HBKB Tertib


Ins/Sru/J-2 | Megapolitan

KEGIATAN hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) baik di Jalan Sudirman-Thamrin maupun 32 ruas jalan seantero Ibu Kota berlangsung tertib.

Ribuan pesepeda yang melintas di Jalan Sudirman-Thamrin berlangsung sejak pagi pukul 06.00 WIB hingga jelang pukul 09.00.

Petugas Satpol PP melalui pengeras suara terus memberi tahu agar pesepeda tidak nong­krong, selalu pakai masker, dan menjaga jarak.

“Ayo mas, jangan duduk-du­duk, jangan nongkrong. Kalau mau duduk-duduk, di rumah saja. Jangan ditempat ini,” kata petugas tersebut, Minggu (28/6).

Bukan hanya pesepeda, war­ga yang olahraga berjalan kaki juga masih diperbolehkan masuk ke Sudirman-Thamrin meski jumlahnya jauh berkurang jika dibandingkan dengan Minggu (21/6) lalu yang menimbulkan kecaman berbagai pihak karena mengabaikan jaga jarak.

“Petugasnya lumayan tegas, langsung negur orang yang buka masker dan mengancam mengenakan Pergub DKI Jakarta Nomor 41 Tahun 2020,” cetus  Aryo, 27, peserta jalan sehat di Jalan Thamrin.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengapresiasi masyarakat yang tertib selama berlangsungnya HBKB baik di Jalan Sudirman-Thamrin maupun 32 ruas jalan lainnya. Keramaian yang ada di sini (Thamrin) berbeda dengan keramaian pada 21 Juni lalu.

‘‘Hasil evaluasi kami dari pelaksanaan ini tidak ada penum­pukan (warga),” jelas Syafrin di Jakarta, Minggu (28/6).

HBKB di kawasan Jalan Su­dirman-Thamrin, kata Syafrin, difokuskan untuk warga yang ingin bersepeda.

Pihaknya menyediakan jalur khusus sepeda. Kendaraan bermotor dan mobil dilarang memasuki kawasan tersebut saat HBKB dari pukul 06.00 WIB-09.00.

Budaya baru

Pemerintah Administrasi Ko­ta Jakarta Utara menerapkan kawasan khusus pesepeda di enam lokasi. Enam kawasan khusus ini berada di Jalan Be­nyamin Sueb, Pademangan; Ja­lan Danau Sunter Selatan, Tan­jung Priok;  Pantai Maju Ber­sama, Penjaringan; Jalan Kelapa Hibrida, Cilincing; Sisi Inspeksi Kali Sunter, Koja; dan Jalan Arteri Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko ikut mengayuh se­­­pedanya dengan tujuan me­­mantau langsung dimulai dari depan kantornya menuju Tanjung Priok dan istirahat di Jalan Benyamin Sueb, Pademangan Timur.

“Saya mengamati kepatuhan masyarakat yang bersepeda, berjalan, dan berlari. Mereka tetap menggunakan masker sebagai budaya baru di tengah pandemi,” kata Sigit.

Di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, banyak pengemudi yang belum mengetahui adanya pemberlakuan HBKB sehingga mencoba menerobos. Petugas dengan sigap menghentikan mereka. (Ins/Sru/J-2)

BERITA TERKAIT