29 June 2020, 02:55 WIB

Kotak Melawan Berita Bohong


Zubaedah Hanum | Humaniora

GRUP band Kotak merilis lagu baru berjudul Hoax sebagai perlawanan atas maraknya berita bohong yang membuat resah di era digital seperti sekarang ini.

Band beraliran rock yang beranggotakan Tantri, 30, Chua, 32, dan Cella, 37, itu mengatakan lagu itu juga menjadi vaksin dalam menangkal virus hoaks yang meresahkan.

“Alasan kita bikin ini karena kita gerah dapetin berita yang bahkan keluarga kita sendiri gampang banget nyebarin tanpa dicek kebenarannya,” kata Tantri dalam jumpa pers virtual, pekan lalu.

Cella mengungkapkan lagu itu sebenarnya sudah disiapkan sejak dua tahun lalu hingga akhirnya baru bisa dirilis pada tahun ini. “Lagu ini sebenarnya udah dari dua tahun lalu kita rekaman enggak ketemu. Akhirnya kita cari solusi sewa vila untuk workshop supaya enggak keganggu anak-anak dan suami dan itu terbukti efektif,” ujar Cella.

Cella menambahkan, seluruh proses penggarapan lagu ini sepenuhnya dilakukan sendiri oleh Kotak dimulai dari konsep hingga musik yang digunakan. “Enggak ada kolaborasi. Kita menuangkan idealisme kita, tapi tetap mempertahankan benang merahnya juga,” jelas pemilik nama Mario Marcella Handika Putra itu.

Karena pandemi, Kotak membuat video musik lagu barunya itu dari rumah tiap personel. Mereka mengajak sejumlah publik figur mulai kalangan selebritas hingga musikus untuk terlibat sebagai model dalam video musik lagu Hoax.

“Jadi, konsepnya kan lagi pandemi ini kita enggak bisa bikin videoklip kayak biasa. Kita lihat lagi tren sekarang kayak brush challenge. Aku ambil konsep itu,” terang Chua.

Dalam video musik tersebut, sambung perempuan kelahiran Makassar, Sulsel, itu, para model diperlihatkan sedang membaca berita dari gawai masing-masing. Chua mengatakan proses pengambilan gambar dalam video musik lagu itu dilakukan dari ponsel masing-masing.

“Ini ambil video dari hape di rumah masingmasing. Aku cuma kasih instruksi. Biar jadi kenangan juga kalau ini videoklip dikerjain waktu pandemi covid-19,” pungkas pemilik nama Swasti Sabdastantri itu.


Album baru

Pada periode 2019-2020, ketiga personel Kotak disibukkan persiapan kelahiran anak kedua. Chua melahirkan pada Maret 2019, istri Cella melahirkan di September 2019, dan Tantri melahirkan Februari 2020.

Menurut Tantri, lagu Hoax akan menjadi menu pembuka sebelum mereka merilis album baru bertajuk Identitas pada September mendatang. “Judul itu merepresentasikan identitas musik dari ketiga personel. Album baru sangat spesial karena proses penggarapannya dilakukan sendiri oleh kami bertiga,” pungkasnya. (Ant/H-2)

 

BERITA TERKAIT