29 June 2020, 02:10 WIB

Antisipasi Tim Tertular Korona


MI | Olahraga

BOS Renault Cyril Abiteboul mengaku takut salah satu anggota timnya terinfeksi oleh korona (covid-19).

Menurutnya, jika musibah itu sampai terjadi, akibatnya bisa membuat Renault tidak diperbolehkan mengikuti ajang Formula 1 (F1). Musim ini direncanakan dimulai di Austria pada akhir pekan ini. F1 seharus nya dimulai pada Maret, tapi tertunda akibat wabah covid-19.

Beberapa dari 10 balapan ada yang harus dibatalkan dan sebagian lagi diundur. Ketika nanti dimulai, F1 akan menerapkan sejumlah protokol kesehatan untuk mencegah penularan. Balapan pun akan digelar tanpa penonton.

Untuk setiap tim, akan dibuat beberapa kelompok kerja. Tujuannya jika ada yang tertular oleh korona, penyebarannya hanya akan terjadi di kelompok itu, tidak ke seluruh tim. “Tantangannya ialah implementasi di lapangan. Kami sudah membentuk grup dan subgrup. Jika ada kasus positif, itu terbatas di satu subgrup saja,” jelas Abiteboul.

Sejauh ini Renault sudah mempraktikkan prosedur baru bersama dua pembalap mereka, yaitu Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon. “Ada beberapa langkah yang penting dilakukan saat ini. Saya tidak melihat ada persiapan yang terhambat,” kata Ricciardo yang musim depan akan membela McLaren.

Ocon menambahkan, “Kami harus hati-hati. Kami sudah menunggu lama untuk bisa kembali balapan Sangat memalukan dan berbahaya untuk semua orang jika harus mengambil risiko. Sayangnya, tidak ada yang disebut tidak ada risiko.” (Autosport/R-3)

BERITA TERKAIT