28 June 2020, 18:41 WIB

Pekan Depan, CFD Sudirman-Thamrin masih Ditiadakan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin memastikan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Sudirman - MH Thamrin masih ditiadakan minggu depan.

Kegiatan outdoor itu masih difokuskan untuk pesepeda. Kegiatan CFD masih akan dilakukan di 32 ruas alternatif lain.

"Untuk minggu depan ini tetap tidak ada HBKB. Tapi untuk pelaksanaan 32 kawasan khusus pesepeda akan kami evaluasi," jelas Syafrin di Jakarta, Minggu (28/6).

Ia menambahkan, untuk trotoar di Kawasan Sudirman - MH Thamrin diperbolehkan untuk warga yang berlalu lalang saat CFD. Namun, Syafrin menegaskan, tidak boleh ada kerumunan di satu tempat.

"Kami membuka ruang publik untuk pesepeda, orang berolahraga. Jangan kongko-kongko sehingga menimbulkan kerumunan. Perlu dipahami saat ini kita masih (terapkan) masa transisi Pelaksanaan PSBB," kata Syafrin.

Petugas yang berjaga di 32 ruas yang tersebar di lima wilayah Jakarta mengawasi warga saat CFD. Syafrin mengklaim kegiatan outdoor hari ini berjalan lancar.

Pihaknya melarang orang yang tidak sehat memiliki gejala demam tinggi, flu, batuk pilek untuk tidak beraktivitas di 32 kawasan saat CFD. Demikian pula warga yang rentan terpapar Covid-19 atau mereka yang usia lanjut, ibu-ibu hamil kemudian anak kecil di bawah 9 tahun dilarang bergabung.

"Termasuk PKL, Kami sudah koordinasikan dengan rekan Satpol PP PKL itu ditiadakan dan tentu mereka akan lakukan penertiban," pungkasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT