28 June 2020, 17:38 WIB

Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Babel


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Depati Amir Pangkalpinang mengingatkan nelayan untuk waspada potensi angin kecang dan gelombang tinggi disejumlah perairan di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kepala seksi Informasi dan data BMKG kelas I Pangkalpinang Kurniaji mengatakan kecepatan angin di perairan selatan Bangka 40 km/jam dengan ketinggian gelombang 1,5 meter.

Di perairan lanjutnya utara Bangka kecepatan angin 40 km/jam tinggi gelombang maksimal 2 meter, selat karima pun demikian angin 40 km/jam gelombang 2 meter.

"Bagi perahu nelayan, kita himbau untuk waspada pasalnya ketinggian gelombang bisa bertambah seiring dengan adanya potensi awan comulonimbus," kata Kurniaji. Minggu (28/6).

Baca juga : Penyelundupan Ratusan Ekor Burung Kacer Digagalkan

Sedangkan menurutnya untuk ketinggian air di Bangka Barat 0.85 meter, Belinyu Bangka 1.11 meter, Sungailiat Bangka 1.96 meter, Toboali Bangka selatan 1.57 meter, Tanjung Pandan Belitung 1.17 meter, membalong Belitung 2.05 meter dan Kelapa Kampit Belitung Timur1.53 meter.

"Untuk pasang air laut tinggi ini, hanya di membalong Belitung 2 meteran sedangkan di daerah lain relatif 1 meteran,"terangnya.

Ia menambahkan untuk potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai angin kencang dan petir masih akan terjadi diselat Bangka, Sungai Selan Bangka Tengah, Simpang rimba Panyung Bangka Selatan dan meluas ke Bangka, mentok Bangka Barat serta pulau besar.(OL-2)

BERITA TERKAIT