28 June 2020, 06:20 WIB

Kekuatan Ganda Campuran Merata


Deden Muhamad Rojani | Olahraga

SEBANYAK 11 pasangan ganda campuran akan bertarung selama tiga hari mulai Rabu (1/7) di turnamen internal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Mereka masuk ke empat grup berdasarkan peringkat dunia masingmasing dan dua pasangan terbaik dari tiap grup berhak untuk lolos ke perempat final.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti mengatakan, di perempat fi nal, calon lawan para juara grup akan diundi lagi. Mereka yang sudah bertemu di penyisihan grup, bisa saja berjumpa lagi dengan lawan yang sama di perempat final.

Dikatakan Susy, berbeda dengan pertandingan sektor ganda putra, tiap-tiap pemain ganda campuran akan bermain dengan pasangan tetapnya. Misalnya saja, Praveen Jordan yang akan tetap berduet dengan Melati Daeva Oktavianti.

Jika melihat kekuatan di atas kertas, Praveen/Melati merupakan yang terkuat dari seluruh pasangan yang akan tampil pekan besok.

Namun, Susy mengatakan sebenarnya kekuatan di sektor ganda campuran cukup merata sehingga masih banyak kemungkin an yang akan terjadi.

Praveen/Melati pun harus waspada dengan perlawanan rekan-rekan satu timnya. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang dijagokan di posisi kedua, bisa jadi lawan yang sulit untuk di hadapi Praveen/Melati.

Begitu pula pemain-pemain muda, seperti Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso atau pasangan junior Teges Satriaji Cahyo Hutomo/Indah Cahya Sari Jamil yang mungkin saja membuat kejutan.

“Pemain-pemain muda pun punya kesempatan untuk bisa mengalahkan yang di atas mereka peringkatnya, misalnya, Teges/Indah, bukan berarti mereka tidak bisa mengalahkan yang lebih senior, mungkin saja,” tambahnya.

“Praveen/Melati memang yang terbaik saat ini, tetapi itu bisa jadi ujian buat mereka. Apakah mereka ketika lawannya teman sendiri, tetap bisa konsisten? Turnamen ini bisa jadi ajang ukur kemampuan buat Praveen/Melati,” pungkas Susy. (Dmr/R-3)

BERITA TERKAIT