28 June 2020, 07:15 WIB

Lokasi Wisata di Aceh Mulai Diramaikan Pengunjung Lokal


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

GELIAT lokasi wisata di wilayah Provinsi Aceh, mulai ramai dikunjungi warga. Keramaian itu bukan berarti kasus pandemi Covid-19 di provinsi paling barat Indonesia itu telah berarkhir. Tapi sepertinya warga sudah merasa jenuh dengan kondisi yang tidak menentukan sekarang.

Pengamatan Media Indonesia di Kabupaten Pidie misalnya, lokasi wisata yang sudah mulai banyak dikunjungi adalah tempat pemandian atau pantai sungai di lereng gunung Desa Krueng Seukeuek, Kecamatan Tangse. Kemudian Pantai Pelangi di pesisir Selat Selat Malaka kawasan Depan Pendopo Bupati Pidie.

Baca juga: KLHK Setop Tambang Batu Bara Ilegal di Tahura Soeharto

Padahal,  Pantai Pelangi yang berada persis di muara Sungai Krueng Baro itu, sekitar tiga bulan lalu sempat disegel dan ditutup total oleh warga sekitar untuk mencegah penyebaran virus korona. Tapi sekarang tampak berubah, yaitu setiap Sabtu malam dan hari minggu ribuan warga Kabupaten Pidie dan sekitarnya ramai berkunjung ke tempat itu.

Sedangkan, di tempat wisata Sungai Krueng Seukeuek, Tangse, sejak sebulan terakhir setiap hari Minggu warga bedatangan untuk mandi sungai di lereng gunung nan indah itu. Bahakan, sering para rombongan pengunjung lokal itu memasak dan makan bareng gulai kaming di tepi sungai setempat.

"Kami sudah jenuh dengan situasi pandemi Covid-19 yang sudah lama berlangsung dan belum jelas kapan akan berakhir. Selain rindu situasi normal, di sini kami juga mimbina kebersamaan sesama kawan yang sudah lama tidak saling berkunjung," kata Maimun Qadar, seorang pengunjung lokasi wisata Krueng Seukeuek, Tangse, Pidie, kepada Media Indonesia, Sabtu (27/6).

Lokasi wisata lainnya yang sudah mulai diramaikan warga Aceh adalah Pantai Laut Lampuuk dan Pantai Lhok Nga di Kabupaten Aceh Besar. Kemudian lokasi wisata pemandian di Sungai Krueng Batee Iliek, Kabupaten Bireuen dan kawasan one-one serta lokasi dekat Hotel Renggali, di tepi Danau Laut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah.

"Tidak terlihat wisatawan dari luar daerah, hanya pengunjung lokal Aceh Tengah, atau dari kabupaten lain di Aceh. Misalnya dari Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Bireuen, Aceh Utara dan asal Kota Lhok Seumawe" tutur Ikhwan, One-one, Aceh Tengah. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT