27 June 2020, 23:13 WIB

Wagub DKI Tegaskan Protokol Kesehatan di Mal Harus Ditaati


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan pengelola pusat perbelanjaan atau mal untuk menerapkan protokol kesehatan ketat dalam operasiionalnya di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

"Ya sebagaimana kita ketahui harus menjalankan protokol kesehatan di mall, disinfektan, kemudian warganya harus menggunakan masker bahkan (ada mall) yang sudah menyiapkan QR Code hingga di mall itu jumlahnya tidak melebihi 50%,” jelas Riza dalam keterangan tertulisnya sesuai meninjau protokol kesehatan di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurut mantan anggota DPR RI itu, pembatasan jumlah pengunjung tersebut tidak hanya berlaku di mal secara keseluruhan, tapi juga di kios-kios penjualan yang terdapat di dalam mal tersebut. Penerapan protokol kesehatan secara khusus juga wajib diterapkan di beberapa fasilitas dalam mll yang memungkinkan warga mengalami kontak fisik.

Baca juga : Satpol PP Larang Warga tak Pakai Masker Masuk Area Car Free Day

“Kemudian di eskalator mal, kemudian di lift mal, di jalan itu sudah harus ada traffic flow. Jaraknya, petunjuknya, kemudian juga tanpa sentuhan. Jadi, kami terima kasih banyak sekali mal yang melaksanakan protokol covid-19, sehingga memudahkan bagi warga,” tambahnya.

Tak hanya di mal, dalam kesempatan tersebut Riza turut mengingatkan protokol kesehatan wajib dilaksanakan oleh masyarakat jika sedang bepergian keluar rumah, di mana pun tempatnya. Salah satunya seperti di 32 lokasi pengalihan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang akan mulai dibuka besok Minggu (28/6). (OL-7)

BERITA TERKAIT