27 June 2020, 17:45 WIB

Iriawan Pastikan TC Timnas U-19 Digelar di Jakarta


Akmal Fauzi | Sepak Bola

KETUA Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan memastikan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 akan dilaksanakan di Jakarta. Kepastian itu juga sudah disampaikan Iriawan ke pelatih timnas Shin Tae-yong dalam rapat virtual, Jumat (26/6).

Iwan Bule, sapaan karib Iriawan, mengatakan telah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menggunakan Stadion Madya, Senayan, Jakarta untuk lokasi TC.

“Kami menunggu (izin) dari pihak berwenang di Stadion Madya. Karena memang pengelolanya bukan di bawah Kemenpora tapi di bawah Sekretariat Negara,” kata Iwan Bule kepada wartawan Jumat (26/6) malam.

Iriawan menambahkan, PSSI tak ingin mengambil risiko Timnas U-19 menggelar TC dalam rangka Piala Dunia U-20 2021 di Korea Selatan seperti yang diinginkan Shin Tae-yong.

Baca juga : Ini Enam Stadion Indonesia untuk Piala Dunia U-20

Awalnya, kata dia, PSSI setuju di mana pun lokasi TC yang diinginkan Shin. Namun, karena pandemi virus korona (covid-19) yang melanda beberapa negara termasuk Korea Selatan, keselamatan pemain menjadi pertimbangan.

Menurutnya, jika TC berlangsung di Korsel, sangat tidak efektif membawa rombongan pemain dan staf ke negeri ginseng tersebut.

“Pertama, karena Timnas U-19 yang akan dipersiapkan ke Piala Dunia U-20 2021 masih dalam proses seleksi. Tentu tidak efektif membawa rombongan sebanyak itu ke luar negeri,” ujarnya.

“Belum lagi Timnas senior juga TC, apakah berangkat semua ? Kan tidak mungkin. Kita tidak menjamin juga anak-anak akan selamat. Jadi rentan sekali," kata Iriawan. (OL-7)

BERITA TERKAIT