27 June 2020, 13:45 WIB

​​​​​​​BNPP: Pemerintah Fokus Perkuat Perbatasan


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

PLT. Serkertaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro, mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan pembangunan di wilayah-wilayah perbatasan. Mulai dari infratruktur, sarana prasarana, sumber daya manusia, dan ekonomi.

“Fokus kami diperbatasan saat ini adalah fokus terutama pada pulau-pulau yang strategis,” ujar Suhajar, dalam webinar berjudul Perbatasan, Pancasila, dan Pandemi, Institute for Border Studies-Millennial Think Tank (IBS-MTT), Sabtu, (27/6).

Kecamatan perbatasan kita yang difokuskan 222. Kita akan terus membangun pos lintas batas negara. Kita juga akan menyelesaikan segmen-segmen batas kita di darat dan laut.

Baca juga: Bea Cukai Merauke Sosialisasi Tupoksi ke Satgas Perbatasan RI-PNG

Diungkapkan Suhajar, ada 222 kecamatan perbatasan yang akan fokus dikembangkan oleh pemerintah hingga 2024 mendatang. Sebelumnya sejak 2015-2019 pemerintah juga melakukan pembangunan di infrastruktur dan sarana prasarana di 187 kecamatan lokasi perbatasan prioritas.

Suhajar juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah mengupayakan pembangunan pos-pos lintas batas. Di mana hingga saat ini baru ada 7 pos lintas batas di seluruh Indonesia.

“Sedang dibangun lagi 1 di Merauke. Selanjutnya ditargetkan akan ada sampai 26 pos di akhir 2024. Hingga akhir 2020 ditargetkan akan ada 18,” ujar Suhajar. (A-2)

 

BERITA TERKAIT