27 June 2020, 11:34 WIB

Destinasi Wisata Mulai Dibuka, Wisatawan Dibatasi


Ferdinandus Rabu | Nusantara

DINAS Pariwisata Kabupaten Flores, NTT mulai membuka sejumlah destinasi wisata yang ada di daerah ini. Ada beberapa destinasi wisata alam yang mulai dibuka dengan penerapan protokol kesehatan pecegahan covid-19, termasuk membatasi jumlah kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Flores Timur, Apolonia Korebima mengakui beberapa destinasi wisata alam sudah dibuka sejak sepekan namun jumlah wisatawan dibatasi. Namun ada juga destinasi wisata yang belum dibuka karena masih menunggu perlengkapan peralatan yang mendukung protokol kesehatan.

"Kami sudah mulai membuka beberapa destinasi wisata di Flores Timur sejak Senin (22/6) Juni lalu, seperti destinasi wisata di Asam Satu Beach sudah dibuka. Juga akan dibuka pula destinasi wisata Air Panas, dan juga Pantai Weri sudah mulai dibuka hari ini. Sedangkan beberapa destinasi pantai lainnya seperti Meko, Pantai Rako, Pantai Oa, dan destinasi pantai lainnya. Minggu depan baru akan dibuka setelah semua peralatan untuk keselamatan sesuai protokol kesehatan tersedia dan sudah didistribusikan," kata Apolonia, Sabtu (27/6).

Dampak pandemi, pendapatan di sektor pariwisata menurun. Termasuk usaha ekonomi kreatif juga terimbas. 

"Iya benar, covid-19 ini sangat berdampak pada sektor pariwisata di daerah ini, baik itu pariwisata milik pemerintah maupun milik masyarakat. Dampaknya sangat terasa karena pariwisata ini menggerakkan banyak sektor, seperti restoran, usaha ekonomi kreatif misalnya kuliner, souvenir dan trasportasi sangat terasa dampaknya," tambah Apolonia. (OL-3)

BERITA TERKAIT