27 June 2020, 06:25 WIB

Tekan Pandemi, Rapid Test Terus Digalakkan


(GL/SS/AS/N-3) | Nusantara

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Maumere, Nusa Tenggara Timur, melaksanakan rapid test terhadap 80 karyawan mereka. Hasilnya, seluruh karyawan tersebut dinyatakan nonreaktif.

Pelaksana Pelayanan Terminal PT Pelindo III Cabang Maumere, Yos Ardianto, mengatakan pihaknya menggandeng tim covid-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka untuk melakukan rapid test tersebut. "Semua alat rapid test disiapkan oleh Pelindo. Kita tidak punya tenaga medis. Jadi, kita minta bantuan dari Dinas Kesehatan," urainya, kemarin.

Terpisah, untuk memastikan kondisi kesehatan penghuni tahanan titipan di Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sebanyak 17 tahanan menjalani rapid test. Hal itu sebagai syarat untuk dipindahkan ke rumah tahanan (rutan) Kota Palangka Raya, kemarin.

Kepala Polresta Palangka Raya, Komisaris Besar Dwi Tunggal Jaladri, mengatakan 17 tahanan yang menjalani rapid test tersebut statusnya ialah sebagai tahanan kejaksaan yang siap untuk disidangkan.

"Untuk tahanan yang dilakukan pemeriksaan, ada tahanan tindak pidana umum dan tahanan tindak pidana narkoba" terangnya. Dia melanjutkan para tahanan yang dititipkan di Polresta, ada yang sudah tiga bulan dan bahkan sebagian hampir 5 bulan. Karena itu, status para tahanan itu akan menjadi tanggung jawab pihak pengadilan.

Sementara itu, pemeriksaan secara massal terus dilakukan di Kabupaten Pekalongan, Jateng, meski wilayah itu sudah masuk zona hijau. Ditargetkan sebanyak 5.000 warga akan mengikuti rapid test dan swab test massal untuk memastikan tidak ada lagi kasus covid-19 di kabupaten itu. (GL/SS/AS/N-3)

 

BERITA TERKAIT