27 June 2020, 00:35 WIB

Fajar/Yeremia Genapi Catatan Sempurna


MI | Olahraga

FAJAR Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan memastikan menjadi juara ganda putra ajang turnamen internal PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia).

Pasangan senior-junior ini tampil sempurna dengan tidak terkalahkan sepanjang kompetisi yang diikuti enam pasangan tersebut. Fajar/Yeremia menyapu bersih lima laga dan hanya kehilangan satu gim. Di penampilan terakhir, kemarin, Fajar/Yeremia tidak terbendung mengatasi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Moh Reza Pahlevi Isfahani dengan straight game, 21-18, 21-18.

“Kuncinya, kami menikmat i pertandingan. Kami merasa enjoy saja, ini semacam pertandingan ekshibisi, tapi rasanya seperti di turnamen resmi. Saya pribadi merasa rileks main di sini, tapi tidak menyangka bisa jadi juara,” kata Fajar soal penampilannya dan Yeremia.

Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI, Herry Iman Pierngadi, mengatakan banyak hal yang menjadi bahan evaluasi dari penampilan enam ganda putra. Selain itu, pemain muda juga bisa menimba pengalaman dari pemain senior.

“Sebagai senior, mereka harus bisa menerima kekurangan partner dan belajar bagaimana bisa membangkitkan semangat partnernya,” lanjut Herry.

Setelah selesai sektor ganda putra, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat PBSI Achmad Budiharto menyatakan segera dilanjutkan dengan sektor ganda campuran dari 1-3 Juli mendatang. “Sistem pengundiannya ada seeding berdasar rangking BWF karena mereka bertanding sesuai pasangan aslinya,” ungkap Budiharto Ajang internal itu menjadi uji coba penerapan turnamen dengan protokol covid-19. Budiharto menggarisbawahi tiga hal dalam penyelenggaraan, yakni teknis penyelenggaraan, evaluasi untuk pelatih dalam menilai performa atlet, dan teknis penayangan siaran langsung untuk penonton. (Dmr/R-2)

 

BERITA TERKAIT