26 June 2020, 21:30 WIB

Kang Emil Imbau Warga Jakarta Jangan Dulu Ke Puncak


Dede Susianti | Megapolitan

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengeluarkan himbauan untuk warga Jakarta, Jumat (26/6). Emil meminta kepada warga Jakarta untuk tidak datang dulu ke Bogor.

Hal itu terkait dengan adanya wisatawan asal Jakarta yang dinyatakan positif terpapar virus korona (covid-19). "Karena hasil tes masal di Puncak ditemukan 88 reaktif. Dan dari 88 reaktif, dua positif dengan KTP Jakarta. Maka kita menghimbau warga Jakarta untuk jangan dulu datang ke Puncak,"ungkapnya usai meninjau Stasiun Bogor di Kota Bogor, Jumat sore.

Himbauan itu karena pergerakan penyebaran covid-19 di Kabupaten Bogor masih belum terkendali. Khususnya di tempat-tempat wisata.

"Kecuali pariwisata yang bayar tiket, itu bisa diatur. Bayar tiket bisa online. Kebanyakan itu wisatawan yang masuk ke wilayah- wilayah yang tidak ada pengelolanya seperti air terjun, kebun teh. Itu yang sedang kita kaji. Besok tes juga. Kalau banyak yang positif, terpaksa kita tutup,"pungkasnya.

Sebelumnya, secara marathon selama dua hari, tim gabungan melakukan tes rapid secara masal di kawasan wisata alam kebun teh Puncak.

Tes rapid yang dilakukan pada 20 dan 21 Juni lalu itu digelar di empat titik yakni di Gadog, Gunung Mas, di sekitar Masjid Atta'awun dan Cagar Alam kawasan Cianjur.

Pada tes rapid yang dilakukan pada 20 Juni, sebanyak 32 orang diantaranya menunjukkan reaktif dan dilakukan tes. Sementara pada tes rapid yang dilakukan pada 21 Juni, di kawasan Taman Wisata Matahari (TWM) Puncak, diikuti 434 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 55 orang diantaranya menunjukkan reaktif.

Saat itu tim dengan jumlah petugasnya sekitar 1. 000 orang dibantu TNI dan Polri membawa sebanyak 2000 alat tes rapid.(OL-4)

BERITA TERKAIT