26 June 2020, 20:02 WIB

Komisi VIII Setujui Anggaran 2021 Kemenag 66,673 Triliun


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

KOMISI VII DPR setujui pagu indikatif Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2021 sebesar Rp66,673 triliun. Komisi VIII juga menyetujui permohonan penambahan anggaran Kemenag dalam RAPBN 2021 sebesar Rp3,836 triliun.

Namun, Komisi VII memberikan catatan bahwa harus ada pembahasan lebih lanjut mengenai RKP (Rencana Kerja Pemerintah) Kemenag yang dianggap belum detail dan maksimal.

RKP yang disusun oleh Kemenag dinilai masih belum menjabarkan dengan detail dan jelas setiap program yang akan dijalankan. Terutama terkait program yang bersentuhan dengan dampak pandemi covid-19.

"Dengan catatan Komisi VIII RI belum menyetujui kegiatan prioritas RKP Kemenag tahun 2021 dan akan melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai alokasi anggaran kegiatan prioritas RKP dalam waktu yang akan ditentukan kemudian," ujar Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, dalam rapat kerja dengan Menteri Agama, Fachrul Razi, di gedung DPR, Jakarta, Jumat, (26/6).

Baca juga : Komisi VII Minta Menristek Optimalkan Penyerapan APBN 2020

Menteri Agama, Fachrul Razi, mengatakan Kemenag mengapresiasi setiap masukan yang diberikan oleh Komisi VIII. Ia mengatakan akan melakukan perbaikan berdasarkan masukan yang diberikan.

"Kami berterima kasih dan akan melakukan perbaikan pada hal-hal yang diberi masukan dengan sebaik mungkin," ujar Fachrul.

Sebelumnya pada rapat yang dilakukan Kamis, (25/6), Komisi VIII menolak menyetujui permohonan penambahan anggaran Kemenag pada 2021. Hal itu karena Kemenag dianggap kurang fokus terhadap penanganan covid-19. Selain itu, Kemenag juga dianggap hanya sebatas menyalin detail dari anggaran tahun lalu. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT