26 June 2020, 15:43 WIB

Awas, Pedagang yang Nekat Jualan Saat CFD Ditertibkan Petugas


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

PEMERINTAH provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengizinkan kegaiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) diadakan Minggu (28/6) besok di 32 ruas alternatif. Namun, ada larangan yang harus dipatuhi warga dalam kegiatan outdoor tersebut. Pedagang tidak diizinkan berada di area CFD.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan bakal ada petugas yang menertibkan pedagang yang nekat berjualan saat CFD nanti.

Baca juga: 1.779 Pekerja Migran Jalani Karantina di Wisma Atlet

"Minggu kemarin di HBKB masih ada pedagang, langsung diarahkan untuk keluar. Begitu pula dengan (CFD) besok Minggu," ujar Syafrin, Jumat (26/6).

Pemprov bersama aparat keamanan bakal berjaga di 32 ruas jalan pengganti Jalan Sudirman - MH Thamrin. Ruas tersebut tersebar di lima wilayah Jakarta. Upaya yang dilakukan DKI tersebut, kata Syafrin, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan CFD pada Minggu (21/6) lalu.

Terlihat ratusan warga menumpuk di sekitar Bundaran HI dan Gelora Bung Karno (GBK), padahal pandemi covid-19 masih mengintai warga.

"Kami terjunkan petugas dari Dishub, juga ada dari Satpol PP dan TNI-Polri. Total yang kami kerahkan itu ada 1.526 petugas," terang Syafrin.

Petugas, katanya, bakal menegur warga atau memberikan sanksi jika didapati ada kerumunan atau asik nongkrong terlalu lama di satu tempat tanpa menerapkan protokol kesehatan, yakni abai memakai masker.

"Mohon untuk pemanfaatan ruang publik yang disiapkan Pemprov DKI ini untuk olahraga, bukan untuk nongkrong. Mari kita menjaga itu dengan tetap mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat," pungkas Syafrin. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT