26 June 2020, 15:25 WIB

Polri Siapkan Program Cegah Krisis Pangan


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

DI masa pandemi Covid-19, perekonomian dan seluruh lini sektor harus terkena dampaknya. Pandemi ini juga mempengaruhi suplai makanan bagi masyarakat Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Polri telah menginstruksikan 34 Polda dan 500 Polres untuk terlibat langsung dalam program ketahanan pangan nasional. Program tersebut telah dimulai per-Maret 2020.

Baca juga: DPRD: Proyeksi Pendapatan Ragunan Turun hingga Rp23,68 Miliar

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut adalah bagian dari upaya Polri untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah.

“Sehingga kebutuhan dasar sehari-hari masyarakat dapat terpenuhi seperti sayur, ikan dan sebagainya,” ujar Argo, Kamis (25/6).

Argo mengatakan, program ketahanan pangan ini nantinya akan melibatkan peran serta masyarakat. Misalnya, memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dengan menanami padi, sayur-sayuran hingga benih ikan di lahan yang sebelumnya tidak digunakan.

Argo mencontohkan kegiatan anggota Bhabinkamtibmas bersama warga Kelurahan Ciganjur Jakarta Selatan. Anggota Bhabinkamtibmas bersama warga mencoba manfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman sayur-sayuran dan sejenisnya baik secara alami maupun hidroponik.

Selain mendapatkan bantuan pupuk, warga juga mendapat langsung bantuan 4.500 bibit tanaman sehingga mampu meningkatkan produksi tanaman.

“Selain jadi bentuk kemandirian dari anggota Polri, hasil panen sayuran pun dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar secara berkelanjutan,” paparnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT