26 June 2020, 15:01 WIB

Percaya Diri Kunci Fajar/Yeremia Kandaskan Kevin/Reza


Ant | Olahraga

PASANGAN Fajar Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan keluar sebagai juara nomor ganda putra turnamen internal PBSI dengan mengalahkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Moh. Reza Pahlevi Isfahani di babak final.

Meski sempat keteteran dengan serangan lawannya, Fajar/Yeremia mampu mengatasi tekanan dan mengakhiri pertandingan dengan skor 21-18, 21-18 hanya dalam waktu 33 menit di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (26/6).

"Kita awal sebenarnya juga masih meraba permainan mereka (Kevin/Reza) seperti apa. Gim pertama juga kita masih belum menemukan ritme yang baik, tapi itu bisa kita atasi selanjutnya," tutur Fajar.

Di gim kedua, Yeremia mengaku lebih percaya diri berkat kemenangan di gim pertama. Kendati begitu, ia berulang kali melakukan kesalahan akibat kurang sabar dalam mengolah serangan.

"Kalau menurut saya di gim kedua mainnya bisa lebih baik karena di gim awal sudah menang. Makanya di gim kedua lebih pede dan berani," pungkas Yeremia.

Berkaca pada performa selama turnamen, Fajar pun memberi masukan pada Yeremia bahwa kesabaran jadi sektor yang harus diolah lebih dalam oleh Yeremia.

"Kalau saya bilang Yere pemain potensial karena punya power' yang kuat tapi dia harus perhatikan tiap poin. Kadang dia tiap poin suka hilang fokus. Kalau di turnamen internasional tidak boleh seperti itu, harus fokus dan teliti untuk mempertahankan setiap poin," imbuh Fajar.

Billy Haryanto, sebagai salah satu sponsor turnamen yang mewakili Billy Beras berharap, ajang ini bisa menjadi  wadah pemanasan bagi atlet-atlet pelatnas yang sudah lama tidak mengikuti kompetisi. Pasalnya, akibat pandemi Covid-19, banyak kompetisi bulu tangkis yang dihentikan.

"Semoga ini sekaligus menjadi obat kerinduan masyarakat Indonesia menyaksikan pertandingan badminton. Semoga pemain-pemain juga bisa menjadikan ajang ini menghadapi pertandingan-pertandingan internasional jika pandemi sudah berakhir," tandasnya.


Berikut hasil akhir klasemen ganda putra turnamen internal PBSI:
1. Fajar Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
2. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Moh. Reza Pahlevi Isfahani
3. Muhammad Rian Ardianto/Daniel Marthin
4. Marcus Fernaldi Gideon/Muhammad Shohibul Fikri
5. Hendra Setiawan/ Pramudya Kusumawardana Riyanto
6. Mohammad Ahsan/Leo Rolly Carnando

Kompetisi ganda putra berakhir hari ini. Adapun kompetisi tim ganda campuran akan dimainkan pada pekan depan, 1-3 Juli 2020. (OL-8).

BERITA TERKAIT