26 June 2020, 14:30 WIB

50 Nakes di Jepara Terpapar Covid dan Empat Gugur


Akhmad Safuan | Nusantara

GARDA terdepan dalam penanganan covid-19 kembali gugur, secara keseluruhan sudah empat orang tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Jepara meninggal akibat covid-19 dan 50 lainnya masih menjalani isolasi akibat terpapar korona.

Kabar duka kembali terjadi di Kabupaten Jepara, setelah sebelumnya seorang perawat senior di RSUD Kartini Jepara Siti Fatimah, 56, meninggal akibat Covid-19, satu lagi Yadi Siswanto, perawat di Puskesmas Bangsri 1 Jepara meninggal akibat virus korona. Dalam kurun waktu hampir bersamaan Dokter Klinik Mardi Nugroho, Welahan, Jepara yakni Ane Roviana juga dikhabarkan meninggal dengan gejala yamg sama.

"Secara keseluruhan telah empat nakes di Jepara meninggal dengan status positif covid-19 dan pasien dalam pengawasan (PDP)," kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Jepara M Fakrudin.

Selain empat tenaga kesehatan meninggal, lanjut Fakrudin, saat ini terdapat 50 tenaga kesrhatan yang masih diisolasi dan menjalani perawatan karena terpapar covid-19, bahkan kasus korona ini secara keseluruhan terus meningkat dari sebelumnya 240 orang menjadi 274 orang hari ini.

Dari jumlah pasien covid-19 tersrbut, demikian Fakrudin, 242 orang masih dirawat di beberapa rumah sakit rujukan berasal dari Jepara sebanyak 227 oramg dan dari luar daerah 15 orang, 14 orang sembuh serta 18 orang meninggal.

Kondisi juga semakin mengkhawatirkan, ujar Fakrudin, karena masih ada sekitar 2.000 orang yang maduk dalam daftar tracking karena turunan dari pasien covid-19 yang saat ini masih menjalani perawatan dan isokasi. "Kita terus kejar lakujan pelacakan dan lakujan rapud test massal untuk mencegah penyebaran dan penanganan dini," imbuhnya.

Masih menurut data yang ada, ungkap Fakrudin, dari 17 kecamayan yang ada di Jepara hanya dua kecamatan yang masih bersih dari covid-19 yakni Kecamatan Karimunjawa dan Donorojo, sedangkan terparah adalah Kecamatan Kedung sebanyak 41 orang, Jepara Kota 36 orang dan Welahan 31 orang. (OL-13)

Baca Juga: Kejati NTT Tangkap Tersangka TPPO Mendiang TKI Yufrida Selan

 

BERITA TERKAIT