26 June 2020, 12:23 WIB

Petani Dapat Bibit Lada Gratis Untuk Genjot Produksi


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

UNTUK meningkatkan produksi lada di wilayah Bangka Belitung, Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan menyerahkan bantuan 207.350 bibit lada kepada delapan gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kabupaten Bangka Barat, Jumat (26/6). Erzaldi mengatakan bantuan bibit lada dari Pemerintah Provinsi Babel ini merupakan tahun ketiga. hal ini dilakukan untuk memacu semangat para kelompok tani untuk bertanam lada.

"Untuk tahun ketiga ini, jumlah bibit lada yang kita bagikan kepada delapan kelompok tani sebanyak 207.350 batang, pupuk organik 50.438 kg dan trichoderma 1.635 kg," kata Erzaldi.

Ia menyebutkan delapan kelompok tani yang mendapatkan bantuan bibit tersebut adalah, gapoktan Mekar Harapan, Tani Unggul, Muliyani, Tumbak Petar, Berdikari, Lembah Kemuning, usaha Tani Sejahtera dan Bersama Kita Maju.

"Delapan Kelompok tani yang mendapatkan bantuan bibit lagi petani di Bangka Barat," ujarnya.

"Harus selalu semangat dan terus menanam lada, jangan berhenti, jangan terpatok pada harga lada. Karena sewaktu-waktu harga lada bisa berubahtergantung kesediaan barang di pasar," ungkap dia.

baca juga: Indeks Desa Membangun di Kalsel Meningkat

Ia pun memberikan tips dalam menanam lada seperti, bibit lada ditanam menghadap matahari, dengan lubang tanam berukuran minimal 40x40 cm. Hal ini dilakukan  agar akar berkembang cepat mencari makan. 

Kepala Dinas Pertanian Prov. Kepulauan Babel, Juaidi mengatakan, bibit ini di dalamnya sudah ada trichoderma jamur yang bisa menekan populasi penyakit. Bibit juga sudah ada micoriza yang dapat membantu tanaman lada menyerap makanan dan tahan kering. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT