26 June 2020, 06:23 WIB

13 Dokter dan Ketua DPRD Maluku Utara Positif Covid-19


Hijrah Ibrahim | Nusantara

SEBANYAK 13 dokter yang bertugas di rumah sakit wilayah Provinsi Maluku Utara dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Ternate positif covid-19. Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19, Provinsi Maluku Utara, Alwia Asagaf mengatakan 13 dokter ini diketahui positif covid-19 setelah hasil spesimen mereka yang diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Manado keluar.

"Tiga belas dokter ini ada yang menjalani karantina di tempat karantina, ada juga yang melakukan isolasi mandiri," kata Alwia, Kamis (25/6).

Selain 13 dokter positif covid-19, ada juga dokter yang sudah dinyatakan sembuh. Alwia menyebutkan dokter Caroline Tupan, 27 yang terkonfirmasi positif covid-19 pada Selasa (2/6) dinyaakan semuh setelah dirawat selama 18 hari. 

Selain tenaga medis, Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Kuntu Faud dan satu anggota DPRD berinisial SP juga dinyatakan positif covid-19. Mereka telah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Benar ketua DPRD dan satu anggota DPRD inisial SP menjalani isolasi mandiri di rumah mereka," kata Alwia.

baca juga: Wali Kota Tidore Kepulauan Sembuh Dari Covid-19

Mereka melakukan isolasi mandiri sesuai dengan protokol kesehatan revisi 4 yang akan diterapkan di Maluku Utara, dan sudah dilakukan di Kota Ternate. Pasien covid-10 bisa menjalani karantina di rumah dengan tetap ada pengawasan dari petugas kesehatan. Alasan karantina mandiri karena saat ini RSUD Chasan Boesoirie dan Hotel Sahid Bela yang menjadi tempat karantina sudah penuh dengan pasien covid-19. (OL-3)

BERITA TERKAIT