26 June 2020, 06:05 WIB

Hampir Separuh Pasien Korona Sembuh


(DW/DY/YH/RK/N-1) | Nusantara

SEBANYAK 893 pasien covid-19 di Sumatra Selatan (Sumsel) sembuh. Angka tersebut hampir mencapai separuh dari total angka kasus covid-19 yang terjadi di provinsi itu, yakni 1.869 kasus. Sementara itu, 901 kasus masih penanganan dan jumlah yang meninggal dunia sebanyak 75 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, mengatakan, dengan angka tersebut lebih dari 50% pasien covid-19 di Sumsel dinyatakan selesai. "Sebanyak 901 kasus lagi masih tergolong kasus aktif karena masih dalam proses perawatan dan menunggu hasil akhir pemeriksaan di laboratorium," katanya, kemarin.

Menurutnya, terjadinya penurunan kasus bukan karena berkurangnya jumlah kiriman sampel ke laboratorium. Yusri menyebutkan, sampel yang diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang setiap hari rata-rata mencapai 800 sampel. "Jika kasus positif banyak, tentu banyak pula spesimen sampel yang harus diperiksa di BBLK Palembang," ujarnya.

Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai provinsi ketiga tertinggi tingkat penyebaran virus korona baru di Tanah Air setelah Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, kemarin, juga mencatat angka kesembuhan tertinggi sejak Maret lalu, yakni 82 orang. Dengan demikian, total penderita covid-19 yang sembuh mencapai 539 orang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim, mengungkapkan, dari seluruh pasien yang sembuh, 15 orang di antara mereka berasal dari karantina Bapelkes Banjarbaru, 24 orang dari karantina Hambulung, 3 dari RSUD Ulin Banjarmasin, 9 dari RSUD Anshari Saleh Banjarmasin, 4 orang dari Kabupaten Tanah Laut, 18 orang dari Kabupaten Kotabaru, 3 orang dari RSUD Datu Sanggul Tapin, dan 6 orang lainnya sembuh setelah melakukan karantina mandiri.

Angka pasien positif covid-19 yang sembuh di Sumatra Barat (Sumbar) bahkan mendekati 80%, yakni 563 orang dari 717 kasus. Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, menyebutkan sepanjang hari kemarin ada penambahan 24 orang yang sembuh dari angka 539 kesembuhan sehari sebelumnya. Di sisi lain, angka kasus positif bertambah dua orang.

Jasman mengatakan, angka pasien sembuh yang hampir 80% menunjukkan tingkat kesembuhan di Sumbar hampir dua kali lipat angka rata-rata nasional, yakni 40,11%. Demikian halnya di Riau, pasien sembuh bertambah menjadi 121 orang dari total 220 kasus. (DW/DY/YH/RK/N-1)

BERITA TERKAIT