26 June 2020, 05:02 WIB

Jurgen Klopp, Sosok Utama Sukses Liverpool


Widhoroso | Sepak Bola

SAAT pertama kali menginjakkan kaki di Liverpool lima tahun silam, Jurgen Klopp memiliki keyakinan bisa membawa Si Merah mewujudkan impian kembali menjadi raja di Liga Primer Inggris. Selama 30 tahun, Liverpool selalu kalah bersaing dengan Manchester United, Manchester City, serta Chelsea yang silih berganti menjadi.   

Klopp, yang didatangkan dari Borussia Dortmund itu memang membawa misi berat. Saat Klopp datang pada 2015 menggantikan Brendan Rodgers, Liverpool dalam kondisi memprihatinkan setelah mengakhiri musim kompetisi 2014-2015 di posisi 10.

Namun hal itu tidak membuat keyakinan pelatih asal Jerman itu menipis. Kepada pemain, staf, dan pendukung Liverpool, Klopp meminta dukungan agar bisa membawa klub menjadi juara. "Jika semua ingin membantu Liverpool, Anda harus mengubah diri dari seorang yang ragu menjadi orang yang memiliki keyakinan," tegas Klopp.

Dengan kharisma yang dimiliki serta kejeniusannya, Klopp mampu membuat Liverpool berubah menjadi klub yang memiliki mental baja dan keyakinan tinggi untuk menjadi yang terbaik. Di tangan Klopp, Liverpool kembali menemukan jati diri sebagai sebuah klub besar seperti saat ditangani Bill Shankly pada era 1970-an,  

Trent Alexander-Arnold, yang telah berkembang menjadi salah satu bek sayap terbaik dunia setelah ditangani Klopp, merasakan dampak besar yang ditimbulkan sang pelatih. Menurutnya, Klopp mampu mengubah seluruh orang dalam klub dari peragu menjadi yakin dan memiliki keinginanh bersama meraih impian bersama.

"Dia hanya mewujudkan impian klub. Walau berasal dari Jerman, ia mampu menyatu dengan orang yang mencintai Liverpool, dengan penggemar, staf dan para pemain," ungkap.

Mantan kapten Liverpool, Graeme Souness bahkan menilai Klopp lebih dari Shankly. Menurutya, Klopp merupakan sosok kuat dan mampu memimpin pasukannya untuk bersama-sama meraih tujuan.

"Ia sangat cocok dengan Liverpool karena mampu merasakan emosi yang ada di klub," jelasnya. (AFP/R-1)

 

BERITA TERKAIT