24 June 2020, 20:46 WIB

Pemprov Kalsel Optimistis Agustus Pandemi Korona Terkendali


Denny Susanto | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan menargetkan mampu mengendalikan pandemi virus korona di wilayah tersebut pada Agustus mendatang. Guna memutus rantai penyebaran virus korona di tengah masyarakat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 memasifkan upaya tracking, tracing dan testing (3T) terduga covid.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel memperkirakan sedikitnya ada 6.000 orang warga yang terpapar virus korona di 13 kabupaten/kota. Penyebaran berasal dari sejumlah klaster seperti klaster Gowa maupun transmisi lokal.
 
"Kalsel merupakan salah satu provinsi dengan penyebaran virus korona tertinggi di Indonesia dan menjadi perhatian pemerintah pusat. Kita memperkirakan penyebaran virus korona sejak Maret lalu sudah mencapai 6.000 orang," ungkap Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Abdul Haris Makkie, Rabu (24/6).

Menurut Haris ada beberapa skenario yang dijalankan gugus tugas dalam penanganan pandemi covid di lapangan dan menargetkan pada Agustus mendatang pandemi virus korona sudah dapat kendalikan. 

"Saat ini kami terus memasifkan kegiatan tracking, tracing dan testing di lapangan," tuturnya.

Pemprov Kalsel juga telah membentuk tim Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) di tingkat kabupaten, peningkatan peran dan layanan hingga tingkat puskesmas serta inovasi-inovasi oleh tim kabupaten/kota untuk memutus rantai penyebaran virus korona di lapangan. Seperti dilakukan pihak Puskesmas Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut yang gencar melakukan pengambilan sample swab secara langsung ke masyarakat, atau inovasi Sword (Swab on The Road).

Kalsel juga membentuk 127 Kampung Tangguh di 13 kabupaten/kota sebagai bentuk kemandirian dan peran masyarakat. 

"Tak kalah penting adalah dukungan anggaran baik provinsi maupun kabupaten/kota terkait penambahan berbagai fasilitas," ujarnya.

baca juga: Selama 12 Hari Kabupaten Cirebon Zero Kasus Baru Covid-19

Pada bagian lain hingga kini jumlah kasus positif virus korona di Kalsel terus bertambah menjadi 2.775 kasus atau bertambah 90 orang dari hari sebelumnya. Tercatat ada penambahan 20 orang sembuh sehingga menjadi 457 orang dan 171 orang meninggal dunia. (OL-3)

BERITA TERKAIT