24 June 2020, 19:48 WIB

Gubernur Minta Pencegahan Karhutla Lebih Ketat Terutama di Gambut


Solmi | Nusantara

Pemerintah Provinsi Jambi bersama dukungan pemangku instansi terkait, korporasi, dan masyarakat meningkatkan kesiagaan untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), terutama di lahan gambut.

''Saya berharap pencegahan kebakaran hutan dan lahan lebih disiagakan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Terutama di kawasan bergambut, karena jika kita abai dan sudah tebakar, akan susah menanganinya,'' kata Gubernur Jambi Fachrori Umar, Rabu (24/6).

Fachrori menjelaskan Pemerintah Provinsi Jambi bersama tim terpadu jauh-jauh sudah meningkatkan koordinasi dengan jajaran pemerintah 11 kabupaten/kota di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Jambi untuk serius melakukan pencegahan karhutla.

Baca Juga: Aplikasi ASAP Digital Cegah Karhutla di Jambi

Khusus untuk lahan gambut, sebut Fachrori, dia sudah meminta Dinas Kehutanan melalui anggaran TP BRG (Badan Restorasi Gambut), memasang dua unit kamera CCTV di tahura Orang Kayu Hitam dan Hutan Lindung Gambut Londrang yang sebelumnya rawan terbakar.

Begitu pula, dengan dukungan Polda Jambi, dibuat Program Asap Digital bekerja sama dengan ratusan perusahaan perkebunan dan kehutanan untuk memasang CCTV di di sekitar areal konsesi berkolaborasi denga PT Telkom. Dengan program Asap Digital kejadian karhutla cepat terpantau dan cepat ditangani. (SL/OL-10)

BERITA TERKAIT