24 June 2020, 09:35 WIB

CFD Kembali Ditiadakan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) kembali ditiadakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Sebelumnya HBKB perdana digelar Minggu, 21 Juni 2020 lalu setelah ditiadakan sejak Maret 2020 karena wabah virus covid-19.

"Betul. HBKB ditiadakan untuk sementara," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Rabu (24/6).

Syafrin belum merinci penyebab HBKB ditiadakan. Namun, desakan agar HBKB ditiadakan sudah terus didorong oleh DPRD DKI Jakarta.

Wakil Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta Justin Adrian meminta agar kegiatan HBKB atau CFD kembali dihentikan.

Baca juga: Klaim tak Ada Lonjakan Covid-19, Anies: Secara Umum Taat Aturan

Pasalnya CFD di kawasan Sudirman-Thamrin pada Minggu (21/6) ramai dan minim protokol kesehatan. Justin berujar apabila terus dibiarkan, Jakarta berpotensi mengalami lonjakan pasien positif covid-19 baru setelah munculnya berbagai klaster penyebaran covid-19 baru.

"Pemprov DKI tidak mengindahkan perjuangan tenaga kesehatan yang terus berperang melawan Covid-19. Segera batalkan kegiatan CFD Jakarta hingga keadaan sudah benar-benar normal," kata Justin.

Senada dengan Justin, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi juga meminta agar HBKB ditinjau ulang.

"Karena permasalahannya masyarakat Jakarta juga tidak mau berdisiplin dalam CFD kemarin dan akhirnya katanya ada yang terjangkit covid-19 (reaktif). Juga ada orang berolahraga pakai masker, karena oksigennya kurang dia jatuh, kena jantung atau apa. Makanya saya mengimbau kepada mastarakat Jakarta ya kalau mau berolahraga di CFD dan dikasih kesempatan yang baik tetaplah menggunakan protokol-protokol kesehatan," tegasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT