22 June 2020, 07:20 WIB

Sambut Gembira HUT DKI Jakarta ke-493 di Tengah Pandemi


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Budayawan Mohamad Sobary menyebut meski hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta ke-493 yang jatuh hari ini dirundung dengan pandemi covid-19, tapi diharapkan warga bisa menyambut gembira tanpa ada selebrasi seperti tahun sebelumnya.

"HUT Jakarta disambut gembira oleh seluruh warga DKI dengan doa dan harapan agar pandemi segera berakhir. Kegembiraan warga DKI tak akan diluapkan dengan bebas dan penuh semangat seperti sebelumnya. Tapi rasa cinta kita pada Jakarta tak mungkin memudar," ungkap Sobary, Jakarta, Senin (22/6).

Sobary mengatakan kota metropolitan menjadi tempat banyak warga mengembangkan karier dengan harapan ada perubahan kehidupan yang baik. Oleh karena itu, banyak warga dari berbagai daerah datang untuk mengadu nasib di Ibu Kota.

"Kita tetap bangga pada Jakarta, di kota yang kita tinggali ini. Di kota ini kita mengembangkan karier, kita sukses dan menikmati hidup secara damai. Dan kita syukuri kedamaian itu di hari ulang tahun ini," kata Sobary.

Ia juga menyinggung soal sosok Gubernur Anies Baswedan yang harus menjamin kebutuhan warga di tengah pandemi ini. Saat ini Ibu Kota memasuki pekan ketiga pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

"Berdoa agar Jakarta selalu dipimpin oleh gubernur yang paham dengan baik bahwa warganya makin hari makin menuntut atau mengharap sangat banyak dari gubernur untuk terampil mengabdi dan memenuhi kebutuhan warga. Realisasi itu tak bisa dijawab dengan ketrampilan memelihara tata bahasa belaka," papar Sobary

Baca juga: Alasan Penetapan HUT DKI Tanggal 22 Juni

Warga, sebutnya, menuntut keterampilan kerja dari gubernur yang transparan dan memiliki prestasi nyata yang bisa dirasakan seluruh warga.

"Ngomong baik itu itu penting, tapi prestasi nyata lebih penting lagi supaya di hari ulang tahun ini kita bisa merasa lebih bangga karena pemimpin bisa memenuhi harapan di hati kita," pungkas Sobary.

Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria menyampaikan perayaan HUT Kota Jakarta pada tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi covid-19, protokol kesehatan pencegahan penularan virus covid-19 ini harus tetap dilaksanakan, antara lain tidak diizinkan adanya kerumunan massa.

Untuk itu, pihaknya menggelar 'Konser Amal Virtual' untuk memeriahkan HUT ke-493 Kota Jakarta, yang disiarkan secara live streaming dari Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, hari ini.

"Alhamdulillah pada kegiatan 'Konser Amal Virtual' ini, kita syukuri Jakarta telah memasuki usia yang ke-493. Memang perayaan kali ini berbeda karena ini di masa pandemi. Insya Allah, tidak mengurangi arti dan makna dari HUT Kota Jakarta. Tidak perlu membuat kegiatan lainnya. Tetap menjaga PSBB di masa transisi," kata Riza dalam keterangan resminya. (OL-14)

BERITA TERKAIT