21 June 2020, 11:50 WIB

Evaluasi CFD, Satpol PP: Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Hari ini Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) kembali digelar setelah ditiadakan sejak Maret lalu akibat pandemi covid-19. Dari gelaran ini, cukup banyak warga yang memadati area CFD, yakni di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menyebut masyarakat cukup memahami dan mematuhi protokol kesehatan yang diharuskan ketika memasuki area HBKB, yaitu kewajiban menggunakan masker.

Selain itu, warga juga mematuhi untuk menggunakan jalur-jalur yang dibagi menjadi tiga, yakni untuk pelari, pejalan kaki, dan pesepeda.

"Apresiasi buat warga yang saat ini pelaksanaan HBKB mematuhi ketentuan protokol kesehatan. Semoga ini tetap bisa kita tingkatkan untuk minggu depan," kata Arifin, Minggu (21/6) di Bundaran Hotel Indonesia.

Baca juga: Satpol PP Larang Lansia dan Balita Ikut CFD

Ia juga menyebut akan terus mengevaluasi aktivitas HBKB hari ini yang diikuti banyak warga. Menurut Arifin, aktivitas HBKB hari ini berjalan cukup lancar.

"Yang jelas ini baru perdana ini. Tentunya semua bidang akan melakukan evaluasi seperti Satpol PP, Dishub, Wali Kota, UMKM akan melakukan evaluasi agar ke depan mungkin ada tindakan-tindakan di lapangan, baik itu pengaturan tempat-tempat pergerakan orang. Kan kita sudah lebarkan jalan untuk sepeda yang awalnya satu lajur jadi tiga lajur. Nah, ini bagian dari upaya kita memberikan ruang yang cukup bagi mereka pengguna sepeda," papar Mantan Wakil Wali Kota Jakarta Selatan.

Arifin menyebut pihaknya sudah cukup banyak menerjunkan petugas, yakni 500 orang untuk mengawasi jalannya HBKB. Petugas Satpol PP juga dibantu aparat kepolisian dan juga Dinas Perhubungan. Pihaknya akan mengkaji penambahan jumlah petugas untuk penyelenggaraan HBKB pekan depan.

"Kita tunggu nanti. Kalau hari ini kan sekitar 500 anggota," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT