20 June 2020, 21:30 WIB

Startup Ini Hadirkan Solusi Virtual Industri MICE di Masa Pandemi


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

PANDEMI Covid-19 ikut berimbas pada industri pameran atau MICE di dunia. Lebih dari 90%, penyelenggaraan acara yang melibatkan massa secara besar di dunia harus ditunda untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. 

Hal itu pun jadi perhatian usaha rintisan (startup) asal Hong Kong EventXtra yang sejak 2014 memfasilitasi para penyelenggara acara dan parrisipan lewat solusi platform manajeman acara secara menyeluruh, meliputi koordinasi, registrasi, pembiayaan, serta analisis dan traffic acara.

Startup yang pendanaannya didukung UB Ventures asal Jepang itu, melahirkan solusi berupa Virtual Exhibition yang mampu mengatasi pembatasan wilayah serta mengubah acara-acara offline menjadi online dengan teknologi terbaru.

Co-Founder EventXtra Sum Wong mengatakan, Virtual Exhibition mampu memberikan pengalaman interaktif dan menunjukkan data analisis acara dengan lebih efisien.

"Berdasarkan sebuah penelitian, piranti lunak pembuat acara di Asia sendiri telah membukukan pengeluaran tahunan lebih dari US$1 Miliar, dan merupakan wilayah dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Tujuan kami adalah mengendalikan kondisi tersebut dan menjadi pemain papan atas di kawasan Asia dengan melayani para penyelenggara acara sebanyak mungkin," kata Wong dalam keterangan tertulisnya.

Selain menyediakan segala dukungan digital dalam proses pelaksanaan pameran visual tersebut, EventXtra juga secara penuh mewadahi para penyelenggara acara dengan mengintegrasikan pekerjaan sebelumnya, memberikan pengalaman interaktif selama acara, serta menyediakan laporan data analisis.

Wong menambahkan, EventXtra sendiri telah membukukan pertumbuhan pendapatan hingga 300% hanya dalam waktu setengah tahun setelah solusi terbaru tersebut diluncurkan, dan hal itu menunjukkan bahwa pameran virtual mampu menjadi sebuah tren besar di masa depan.

Untuk mendukung ekpansi bisnis di Asia, EventXtra telah menjalin kerja sama strategis dengan Pico X, sebagai partner ekskusif piranti lunak manajemen acara, untuk menyediakan pengalaman digital bagi industri acara. 

Pico X merupakan unit bisnis digital strategis Pico Group (Pico). Pico adalah perusahaan aktivasi yang mempunyai banyak pengalaman dan beroperasi di lebih dari 40 kota penjuru dunia.   

"Melalui kerja sama ini, EventXtra dan Pico X berharap mampu ambil bagian dalam transformasi digital pada industri acara. Platform manajemen acara keseluruhan mereka mampu membantu perusahaan untuk mengintegrasikan kordinasi acara secara efisien dan meningkatkan data analisis yang menciptakan hasil lebih baik bagi semua penanggung jawab acara," pungkas Wong. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT