20 June 2020, 06:50 WIB

Mucikari Pemasok ke Medlin Ditangkap


Tri Subarkah | Megapolitan

POLDA Metro Jaya (PMJ) berhasil menangkap muncikari dalam kasus prostitusi anak terhadap Russ Albert Medlin, 49, warga negara Amerika Serikat yang menjadi buronan FBI.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PMJ Kombes Yusri Yunus mengatakan muncikari berinisial A itu ditangkap di Kabupaten Lebak, Banten, kemarin. “Umur 20 tahun, perempuan. Dia maminya,” ujar Yusri.

Penangkapan terhadap A dinilai penting untuk mengetahui apakah ada anak di bawah umur lainnya yang menjadi korban. Sejauh ini, Polda Metro Jaya baru mendapatkan tiga korban.

Medlin merupakan buronan FBI atas kasus penipuan investasi bermodus bitcoin dengan total kerugian mencapai US$722 juta atau setara dengan Rp10,8 triliun.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus PMJ menangkap Medlin pada Minggu (14/6) lalu. Penangkapan Medlin diawali oleh laporan masyarakat mengenai pergerakan anak-anak perempuan di bawah umur di kediaman tersangka.

Berdasarkan hasil penyidikan polisi, Medlin mengaku datang ke Indonesia untuk bervakansi. “Jalan-jalan saja ke Indonesia.”

Yusri menjelaskan pihaknya masih mendalami keperluan Medlin datang ke Indonesia. Ia menyebut Medlin datang pada November 2019 dari Dubai, Uni Emirat Arab.

Selama di Indonesia, Medlin sempat berpindah-pindah tempat tinggal. Teranyar, Medlin mengontrak sebuah rumah di Jalan Brawijaya VIII, Jakarta Selatan, selama tiga bulan. Sebelumnya, Yusri menyebut Medlin pernah menyewa sebuah apartemen di Jakarta.

Saat ini Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri sedang berkoordinasi dengan pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk membahas proses ekstradisi Medlin. (Tri/J-1)

BERITA TERKAIT