20 June 2020, 06:30 WIB

Rudiantara Berlabuh di Semen Indonesia


E-1 | Ekonomi

MANTAN Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara resmi diangkat menjadi komisaris utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Rudiantara diangkat menjadi komisaris utama menggantikan posisi Soekarwo yang mengundurkan diri. Keputusan itu diambil dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) 2019 Semen Indonesia yang diselenggarakan kemarin.

“Untuk pergantian pengurus perseroan, (RUPST) menerima pengunduran Soekar­wo dan mengangkat Rudiantara sebagai komisaris utama,” kata Direktur Pemasar­an dan Supply Chain Semen Indonesia, Adi Munandir.

Dengan keputusan tersebut, Semen Indonesia hanya mengganti satu sosok di tubuh dewan komisaris.

Adapun jajaran direksi tetap pada formasi sebelumnya dengan Hendi Prio Santoso sebagai direktur utama perseroan.

Dalam RUPST juga disepakati pembagian dividen. Semen Indonesia akan membagikan dividen sebesar 10% dari total laba bersih Rp2,39 triliun atau sekitar Rp239 miliar. Sementara itu, untuk sisa 90% lainnya atau sekitar Rp2,15 triliun akan disimpan sebagai cadangan lainnya.

Sebagai informasi, Semen Indonesia pada tahun lalu mencatatkan pendapatan sebesar Rp40,37 triliun, naik 31,5% ketimbang 2018 sebesar Rp30,69 triliun. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp2,39 triliun. Laba per saham dasar tercatat Rp403.

Sementara itu, kinerja penjualan semen pada 2019 secara konsolidasi mencatatkan total volume penjualan domestik dan ekspor sebesar 42,61 juta ton, termasuk penjualan dari Thang Long Cement (TLCC) Vietnam. Volume penjualan tersebut naik 28,5% jika dibandingkan dengan periode yang sama 2018 sebesar 33,17 ton.

Pada perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin, sahamnya mengalami kenaikan 1,88% menjadi Rp9.500 per lembar saham.

Nilai saham ini masih terpaut sekitar 50% dari posisi tertinggi dalam satu tahun terakhir, yakni Rp13.500 per saham. Namun, sudah naik hampir 80% dari posisi terendah tahun ini di level 5.475 per lembar saham.

Sejumlah analis memperkirakan bahwa harga saham Semen Indonesia akan naik seiring dengan bergeraknya kembali perekonomian yang bakal meningkatkan permintaan atas produk semen perseroan. (E-1)

BERITA TERKAIT