18 June 2020, 16:10 WIB

Hari Ini Pelayaran di NTT Disetop Akibat Cuaca Buruk


Palce Amalo | Nusantara

AKTIVITAS pelayaran di Pelabuhan Penyeberangan Bolok, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (18/6) lumpuh akibat cuaca buruk di perairan. Dari laporan BMKG, tinggi gelombang di perairan maksimal mencapai empat meter dan kecepatan angin mencapai 50 kilometer per jam.

"Hari ini tiga jadwal pelayaran dari Kupang terpaksa tidak beroperasi karena cuaca buruk," kata General Manager PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Cuk Prayitno, Kamis (18/6).

Tiga rute pelayaran yang tutup itu ialah rute Kupang-Rote, Kupang-Aimere, dan Kupang-Larantuka. Kondisi itu mengakibatkan penumpukan kendaraan dan penumpang di pelabuhan.

Sedikitnya 30 truk dan mobil pribadi tertahan di pelabuhan, sedangkan penumpang yang tertahan rata-rata memilih menginap di terminal keberangkatan menunggu pelayaran buka pada Jumat (19/6). "Rencana pelayaran yang tutup itu akan beroperasi kembali pada Jumat," katanya.

Sesuai laporan BMKG, tambah Prayitno, pada Jumat pagi, kecepatan angin dan tinggi gelombang sudah berkurang. Namun, untuk mengantisipasi gelombang tinggi, jadwal pelayaran kapal akan dimajukan, seperti rute Kupang-Rote yang biasanya berangkat pukul 09.00 pagi, dimajukan menjadi pukul 06.00 pagi.

ASDP juga akan mengoperasikan rute pelayaran terdekat seperti Kupang-Hansisi yang hanya berjarak lima mil dari pelabuhan penyeberangan Bolok. Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang, Ota Jenni Thalo mengatakan cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi berlangsung  sejak Rabu (17/6) hingga Jumat (19/6). (OL-13)

BERITA TERKAIT