16 June 2020, 18:10 WIB

PB PODSI Pastikan Atlet Jalankan Protokol Covid-19 Selama Latihan


Deden Muhamad Rojani | Olahraga

Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) mengatakan pihaknya selalu memastikan atlet untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dan keamanan untuk menghindari penularan virus covid-19 selama menjalani latihan.

Wakil Ketua PB PODSI Budiman Setiawan mengatakan cabang olahraga dayung tetap menjalankan latihan di tengah pandemi virus covid-19 sejak bulan Januari lalu. Atlet menjalani Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas), di kawasan waduk Jatiluhur, Purwakarta.

“Untuk tahun ini pelatnas sudah mulai sejak 1 Januari dan tidak pernah berhenti. Ini hanya untuk persiapan pra Olympic ya. Kalau yang SEA Games dan Asian games belum mulai,” kata Budiman saat dihubungi, Selasa (16/6).

Baca juga: Ada Dugaan Doping Mengakar di Angkat Besi Dunia

Menurut Budiman, selama latihan berlangsung, atlet tetap dipantau untuk selalu menjalankan protokol kesehatan covid-19. Selain itu kata Budiman, ada tenaga medis dan dokter yang memonitor.

“(Sebelum new normal) Atlet di-lockdown, tapi sekarang sudah boleh asal menjaga protokol sehat dan hanya waktu libur,” tambahnya.

Budiman menyebut saat ini ada 16 atlet dayung yang mengikuti pelatnas. Mereka terdiri atas delapan atlet rowing dan delapan atlet kano.

Untuk kesiapan mengikuti kejuaraan, Budiman mengaku sudah memiliki perkiraan jadwal kejuaraan yang akan diikuti. Satu di antaranya adalah Asian Beach Games (ABG) 2020 yang bakal berlangsung di Sanya, Tiongkok, November mendatang. Juga ada beberapa kejuaraan kualifikasi olimpiade yang sempat tertunda di Thailand dan Korea Selatan tahun depan. (OL-14)

BERITA TERKAIT