16 June 2020, 15:50 WIB

Penumpang MRT Jakarta Naik 4 Kali Lipat Jadi 16 Ribu Lebih


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Terjadi peningkatan drastis penumpang Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta selama sehari, dari Minggu (14/6) ke Senin (15/6).  Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaludin mengatakan ada kenaikan jumlah penumpang empat kali lipat.

"Pada Minggu 14 Juni ada 4.140 penumpang. Lalu data penumpang pada Senin 15 Juni ada 16.253 penumpang," kata Kamluddin saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (16/6).

Menurutnya, pada saat hari kerja atau weekday, jumlah penumpang MRT jauh lebih tinggi dibandingkan saat weekend atau Sabtu-Minggu. Pada Jumat (12/6) lalu misalnya, jumlah penumpang tidak jauh berbeda dengan Senin kemarin.

"Kalau dibandingkan dengan Jumat kemarin sih sekitar 13 ribu (penumpang). Jadi, naik sekitar 3 ribu dibandingkan hari Senin kemarin," kata Kamaluddin.

Baca juga: WFH Buat Warga Jakarta Tertarik Urban Farming

Terkait lonjakan penumpang pada Senin kemarin tersebut, Kamaluddin mengaku tidak mengetahui pasti apakah disebabkan pembukaan kembali pusat perbelanjaan.

Sebelumnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengungkapkan sejak dibuka kembali aktivitas warga saat pembatasan sosial berskala besar transisi, ada peningkatan jumlah penumpang transportasi tersebut.

Untuk jam operasional, William menyebut memang tidak sampai jam 24.00 WIB. Saat ini MRT Jakarta beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Jam kedatangan kereta pun atau headway sudah kembali normal, yakni tiap 5 menit di jam sibuk dan tiap 10 menit di luar jam sibuk.

"Senin kemarin (8/6) seluruh stasiun dibuka kembali. Jumlah penumpang kita secara perlahan mulai naik. Per kemarin (10/6) jumlah penumpang mencapai 13.308 penumpang," ungkap William dalam diskusi virtual MRT, Jakarta, Kamis (11/6). (OL-14)

 

BERITA TERKAIT