15 June 2020, 12:07 WIB

TNI AU Selisik Penyebab Kecelakaan Pesawat Tempur Buatan Inggris


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KEPALA Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Fajar Adriyanto menegaskan TNI AU akan menelusuri penyebab kecelakaan pesawat tempur jenis BAe Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209. Sejauh ini belum ada informasi korban luka atau meninggal dari insiden yang terjadi Senin (15/6) pukul 08:13 WIB.

"Penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU," katanya dalam keterangan resmi, Senin (15/6).

Menurut dia, pilot pesawat nahas ini, Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru berhasil selamat setelah melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat. Lokasi kejadian di 5 km dari runway 36 Lanud Rsn Pekanbaru.

"Saat ini pilot berada di RSAU dr. Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut," paparnya.

Baca juga: Belum Diketahui Penyebab Jatuhnya Pesawat Tempur di Kampar

Ia mengatakan TNI AU akan mendalami keterangan pilot serta memeriksa lokasi kejadian dan pesawat untuk proses investigasi. Penyebab kecelakaan pesawat buatan 1990 ini akan muncul setelah seluruhnya tuntas.

Namun selama ini, kata dia, pesawat ini tidak memiliki catatan serius karena proses selalu dilakukan perawatan rutin sesuai petunjuk. "Kemudian dari insiden ini tidak ada informasi korban dari masyarakar," pungkasnya. (A-2)

BERITA TERKAIT