14 June 2020, 15:20 WIB

Karena Covid, Wisuda Sekolah Dilakukan Drive Thru


Heri Susetyo | Humaniora

DI tengah pandemi covid-19, sebuah sekolah dasar di Kabupaten Sidoarjo tetap melakukan prosesi wisuda kelulusan siswa. Uniknya, wisuda kelulusan siswa dilakukan secara drive thru dan memperhatikan protokol kesehatan.

Prosesi wisuda kelulusan siswa sebuah sekolah dasar di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo ini dilakukan di halaman sekolah, Minggu (14/6). Wisuda kelulusan dilakukan tidak lazim, karena tidak diadakan di dalam gedung, melainkan dilakukan dengan cara drive thru. Siswa cukup turun dari kendaraan roda empat ataupun roda dua dan kemudian mengambil ijasah dari guru.

Prosesi wisuda kelulusan drive thru sengaja dilakukan untuk menghindari kerumunan, tetap menjaga jarak atau physical distancing. Kendaraanyang akan menuju prosesi wisuda juga disemprot dengan cairan disinfektan oleh pihak sekolah.

Bukan hanya kendaraan, lokasi diadakan wisuda juga disterilkan dengan cairan disinfektan. Demikian pula baik guru, siswa dan wali murid, harus cuci tangan terlebih dulu dan mengenakan masker ataupun faceshield.

Meskipun dilakukan secara drive thru, para siswa cukup senang dengan prosesi wisuda ini. Mereka memaklumi karena kondisi pandemi covid-19, mengakibatkan prosesi kelulusan tidak bisa diselenggarakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Sudah cukup senang bisa bertemu guru dan teman-teman, namun sayangnya tidak bisa berlama-lama," kata Rowena Hadad, 9.

Kepala sekolah Solehuddin mengatakan, prosesi kelulusan sudah biasa dilakukan setiap tahun. Namun tahun ini agak berbeda karena kondisiadanya virus korona.

"Yang mengikuti ada 107 siswa, ceritanya kegiatan ini biasa setiap tahun ada pelepasan siswa, berhubung ada wabah covid-19 kita ingin berikan kepada siswa namun tidak menyalahi protokol yang ada," kata Solehuddin.

Sebelumnyapara siswa ini menerima hasil kelulusan dari pengumuman secara daring melalui media sosial youtube dan aplikasi video bersama. (OL-13)

Baca Juga: ​​​​​​​Polisi Tangkap Pelaku Congkel Spion di Jakarta Utara

BERITA TERKAIT