14 June 2020, 07:52 WIB

Warga Padati Sudirman Thamrin Dengan Jalan Kaki dan Bersepeda


Kautsar Bobi | Megapolitan

KENDATI hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) belum diberlakukan di Jalan Sudirman-Thamrin, namun masyarakat cukup antusias memadati ruas jalan tersebut dengan berjalan kaki dan bersepeda. Plt Kasatpol PP Kecamatan Menteng, Hendra Adriansyah mengataakan CFD memang belum diberlakukan untk mencegah kerumunan masyarakat berpotensi menyebarkan virus covid-19.

"Sampai saat ini CFD belum diberlakukan," ujar Hendra Adriansyah kepada medcom.id, Minggu (14/6).

Namun Ppeniadaan CFD tidak menurunkan antusias masyarakat untuk berolahraga. Sejumlah masyarakat telah memadati jalan Sudirman-Thamrin menggunakan  sepedah dan berjalan kaki.

"Tingginya antusias masyarakat sejak pukul 06.30 WIB," tuturnya.

Untuk menertibkan masyarakat pengguna sepedah dan penjalan kaki dibedakan jalurnya. Petugas akan menegur apabila ada yang melanggar.

"Kita arahkan yang menggunakan sepedah pada jalur khusus dan pejalan kaki di trotor," jelasnya.

Protokol kesehatan wajib diterapkan masyarakat yang ingin menikmati jalan Sudirman-Thamrin. Seperti masker dan larangan untuk berkerumun. Sementara itu lalu lintas di Jalan Sudirman-Thamrin terpantau ramai lancar. Kendaraan bermotor diarahkan untuk menggunakan lajur kiri dan lajur kanan untuk masyarakat yang berolahraga.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta menyiapkan jalur khusus sepeda di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Jalur sepeda akan dibuka mulai Minggu, 14 Juni 2020 sekitar pukul 06.00-18.00 WIB.

"Lajur sepeda tersebut disiapkan sehubungan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang masih ditiadakan sementara," kata Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo di Jakarta, Sabtu (13/6). 

baca juga: Besok, Ada Jalur Khusus Sepeda di Sudirman-Thamrin

Syafrin menuturkan personel Dishub DKI dan Satuan Pamong Praja (Satpol PP) DKI akan dikerahkan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Petugas bakal memastikan warga yang bersepeda tetap menerapkan protokol kesehatan antara lain menjaga jarak fisik, memakai masker, serta menjaga kebersihan. (OL-3)

BERITA TERKAIT