12 June 2020, 13:00 WIB

Wagub Ingatkan Jemaah tak Lupa Bawa Plastik Kresek ke Masjid


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) terus mengimbau agar masyarakat dan pengelola masjid untuk patuh pada protokol kesehatan di rumah ibadah pada masa transisi sesuai dengan Peraturan Gubernur No 51 tahun 2020.

Ariza mengingatkan protokol-protokol yang harus dilakukan yakni membatasi kapasitas masjid hanya 50%, memberikan jarak antar barisan jamaah masjid, tidak menggelar karpet, dan membersihkan dengan cairan disinfektan selepas kegiatan keagamaan yang dilakukan bersama-sama seperti salat jemaah.

Baca juga: Pasien Covid-19 Sembuh di Jakarta Bertambah 117 Orang

Tidak hanya itu, khusus salat jumat, Ariza berpesan agar jamaah membawa serta kantong plastik.

"Ini harus diingatkan lagi, bahwa warga bawa plastik dan sajadah sendiri saat hendak ke masjid," kata Ariza ditemui usai salat Jumat di Masjid Fatahillah, Balai Kota DKI.

Kantong plastik itu hendaknya digunakan untuk membungkus alas kaki warga ketika hendak memasuki masjid untuk beribadah salat jumat.

Tujuannya adalah agar barang milik warga tidak bersentuhan dengan milik warga lain. Hal ini untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.

"Kita minta bawa kresek dan sajadah. Bawa sendal sepatunya di plastik bawa ke dalam. Kita salat itu tidak masalah. Alhamdulillah tidak masalah berjalan baik," ujarnya.

Ia juga berpesan agar pengelola masjid menyediakan plastik. Tak lupa ia juga mengajak warga untuk berdonasi plastik ini ke masjid-masjid sebagai bagian dari amal.

Di samping itu, hal lainnya yang harus dilakukan para jamaah agar menghindari penularan saat di masjid adalah berwudu dari rumah atau di toiet kantor.

"Untuk wudhu sebaiknya di rumah masing-masing untuk mengurangi bersentuhan kerumunan," tuturnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT