12 June 2020, 14:20 WIB

Salat Jumat Kedua di Masa Transisi, Wagub: Alhamdulillah Lancar


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Jumat ini menjadi kedua kalinya ibadah salat Jumat dilaksanakan setelah diperbolehkannya rumah ibadah dan kegiatan keagamaan bersama aktif kembali mulai 5 Juni lalu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan dari hasil laporan pemantauan di lapangan, pelaksanaan ibadah salat Jumat hari ini di masjid-masjid di Jakarta berjalan lancar. Warga umumnya telah memahami terkait pembatasan maksimal jumlah jemaah sebanyak 50% dan pemberian jarak pada barisan salat (saf).

"Masjid, dari laporan dan pemantauan, kami sosialisasi setiap hari dan jemaah alhamdulillah sudah memahami soal pembagian 50%, soal disinfektan, soal masker, tidak menggelar karpet, diatur dibersihkan, jaga jarak. Sudah lebih baik. Teman-teman juga bisa pantau," kata Ariza ditemui usai salat Jumat di Masjid Fatahillah, Balai Kota DKI.

Baca juga: Waspada Lonjakan Kasus Covid-19 dari Pasar Tradisional

Di sisi lain, Ariza mengimbau kepada jemaah agar sebelumnya sudah berwudu di rumah atau di toilet tempat kerja sebelum ke masjid.

"Untuk wudhu sebaiknya di rumah masing-masing untuk mengurangi bersentuhan kerumunan. Kita minta bawa kresek dan sajadah," tuturnya.

Di sisi lain, Ariza juga menegaskan pihaknya akan terus mensosialisasikan terkait pembatasan kapasitas kegiatan keagamaan di rumah ibadah sebanyak 50% serta rumah ibadah wajib untuk dibersihkan dengan disinfektan setelah dilakukannya kegiatan ibadah bersama.

"Ini terus kita sosialisasikan terkait kebersihan masjid, tidak boleh ada karpet dan penyemprotan disinfektan," tukasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT