12 June 2020, 09:05 WIB

Wabah Covid-19 Tak Pengaruhi Pendanaan MRT Fase II


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Adanya wabah covid-19 yang menyebabkan pelemahan ekonomi di berbagai negara nyatanya tidak memengaruhi pendanaan pembangunan MRT Fase II yang memiliki rute Bundaran HI-Kota-Ancol Barat.

Menurut Diretur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar pendanaan MRT Fase II A untuk Bundaran HI-Kota sebesar Rp22,5 triliun berasal dari pinjaman pihak Japan International Cooperation Agency (JICA) tetap dipenuhi.

"Pemerintah Jepang melalui JICA sudah berkomitmen untuk mendanai fase IIA ini dan dananya ada. Kami mendorong supaya tidak terhambat," kata William dalam diskusi daring Forum Jurnalis MRT, Kamis (11/6).

Baca juga: Siang Hari, Sebagian Wilayah Jakarta Diguyur Hujan

Sementara itu, pihaknya saat ini sedang mendorong agar JICA juga mau mendanai pembangunan fase IIB. yakni Kota hingga Ancol Barat. Rute ini merupakan rute perpanjangan yang studi kelayakannya baru usai tahun lalu.

Dengan adanya perpanjangan ini, rute fase II MRT bertambah dari 6 kilometer (km) menjadi 12,3 km. PT MRT Jakarta merencanakan pembangunan depo kedua di Ancol Barat. Estimasi biaya tambahan yang diperlukan untuk pembangunan fase IIB dari Kota hingga Ancol Barat adalah Rp9,3 triliun.

"Kami sedang bicara dengan pemerintah Jepang untuk melanjutkan. Ini Rp22,5 triliun tidak bisa sampai Ancol Barat. Ini kami berharap proses ini bisa berlanjut dan bisa selesai mekanisme loan JICA," ungkapnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT