11 June 2020, 21:12 WIB

MRT Jakarta Sediakan Ruang Isolasi Covid-19 Ditiap Stasiun


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

RUANG  isolasi bagi penumpang yang terpapar covid-19 telah disiapkan PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta di setiap stasiun.

Selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi warga sudah bisa beraktivitas kembali ditengah pandemi tersebut. Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar pihaknya sudah mengantisipasi itu.

"Jika ada penumpang yang ternyata lolos dari pemeriksaan thermal scaner nantinya kemudian ternyata sakit atau ada indikasi tunjukan itu maka dia akan segera diarahkan ke ruang isolasi yang ada di stasiun MRT," ujar William saat diskusi virtual, Jakarta, Kamis (11/6).

Ruang isolasi tersebut ditempatkan di ruang mushala staf atau di ruang staf kantor yang berada di tiap stasiun MRT Jakarta. Penyediaan ruang itu, kata William, berdasarkan ketentuan dari pemerintah.

Baca juga :Sejak Beroperasi Normal, Sudah 13 Ribu Warga Naik MRT Jakarta

"Kalau kami tidak tempatkan isolasi kita melanggar SPM nantinya. Justru dengan adanya ruang isolasi itu tunjukan sikap kami untuk secara serius memastikan bahwa fasilitas publik aman dai penyebaran covid-19," terang William.

William juga mengatakan, bakal ada tenaga medis yang berada di ruang isolasi di stasiun MRT Jakarta. Mereka bakal berjaga dan memeriksa penumpang yang diduga terpapar covid-19 tersebut.

"Kami butuh anggaran untuk siapkan tenaga medis, dan APD petugas yang ada di sana. Sudah kita simulasikan dan lakukan isolasi itu untuk pasien yang mungkin kedapatan terpapar di stasiun. Kita berharap tidak terjadi," pungkas William.

Protokol kesehatan covid-19 juga masih diterapkan bagi pengunjung dan staf MRT Jakarta dengan menggunakan masker. Lalu ada pemeriksaan suhu tubuh penumpang di tiap pintu masuk stasiun, serta penerapan physical distancing. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT