10 June 2020, 17:28 WIB

Wagub Riza: 80% Keberhasilan Penanganan Covid-19 di Tangan Warga


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut kunci keberhasilan menangani virus Corona atau Covid-19 tidak hanya berada di tangan pemerintah sebagai pembuat regulasi.

"Menurut para ahli, keberhasilan (Covid-19) ini 80% terletak pada pribadi kita semua warga. Pak presiden (Joko Widodo) sudah mengerahkan tidak kurang 340 ribu TNI Polri. Uang tidak kurang dari 680 triliun (dikeluarkan). Semuanya bekerja keras," jelas Riza saat berada di acara Halal Bihalal di Gedung DPRD Lantai 10, Jakarta, Rabu (10/6).

Baca juga: Belanja Daring Naik, DKI Minta Warga Kurangi Timbulan Plastik

 Pemprov DKI sudah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 13 minggu. Saat ini, DKI masih memberlakukan PSBB transisi menuju new normal. Hal ini kata Riza, disatu sisi untuk menggerakan perekonomian.

"Kebijakan yang kami buat itu mementingkan antara kesehatan dan bagaimana menggerakan ekonomi. Tapi sekali lagi semuanya sangat bergantung pada warga," kata Ketua DPP Gerindra itu.

Adanya pembatasan pergerakan warga maksimal 50% di hampir segala aktivitas, hal itu diupayakan untuk menekan penularan Covid-19. Riza juga menyebut PSBB transisi kali ini sebagai hal yang krusial untuk menentukan apakah kedepan PSBB bakal diteruskan atau tidak.

"Yang berat itu sebenernya pembatasan di kendaraan umum. Terutama kereta yang dari Bogor, Rangkasbitung, dari bekasi. Berbagai kebijakan kita buat sebaik mungkin kebijakan yang kita buat, sekomperhensif yang menyeluruh dan terintegrasi," imbuh Riza.

Warga diminta terus mewaspadai penularan Covid-19 selama beraktivitas. "Pak presiden menyampaikan kita hidup berdamai dengan virus, betul. Karena virus itu bisa saja ada dalam tubuh kita," pungkas Riza. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT