10 June 2020, 16:01 WIB

Laboratorium Indonesia Bisa Uji 14 Ribu Tes Covid-19 dalam Sehari


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (korona) terus melakukan berbagai upaya peningkatan terkait tes virus korona. Teranyar, laboratorium di Indonesia mampu menguji 14 ribu tes dalam sehari.

"Dulunya (jumlah) tes kurang dari 1.000. Sekarang sudah bisa 14.000 meskipun masih naik turun," kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (10/6).

Wiku menjelaskan peningkatan kapasitas terjadi lantaran seluruh data korona terintegrasi dalam satu sistem. Sistem tersebut terhubung dengan 147 laboratorium dan surveilans di Indonesia.

Baca juga: Lab Darurat RSKD Duren Sawit Bisa Periksa Spesimen 200 per Hari

Selain itu, peningkatan kemampuan tes juga terjadi karena partisipasi rumah sakit. Hingga saat ini, terdapat 1.647 dari 2.902 rumah sakit yang aktif melaporkan data secara real time.

"Sehingga memudahkan kita membangun sistem navigasi untuk menghadapi covid-19," tutur Wiku.

Wiku menyebut jumlah tes tidak menentu karena laboratorium berada di bawah kementerian dan lembaga yang berbeda-beda. Dia mengatakan, hal itu merupakan disrupsi sistem yang perlu ditingkatkan untuk mendeteksi penyakit berbahaya.

"Tapi semuanya sudah menjadi satu kesatuan data sehingga kemampuan kita untuk melihat hasilnya bisa real time," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT