09 June 2020, 14:20 WIB

Pesawat Militer AS Jatuh di Pangkalan Irak


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

SEBUAH pesawat militer Amerika Serikat (AS) menabrak pangkalan militer Irak di utara wilayah Ibu Kota, Baghdad, pada Senin (8/6) waktu setempat. Koalisi yang dipimpin AS menyebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Secara terpisah, sebuah roket mendarat di pinggiran bandara Baghdad. Laporan itu disampaikan militer Irak, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Tidak ada korban atau kerusakan yang dilaporkan.

Jatuhnya Pesawat C130 di Kamp Taji Irak melukai empat prajurit dan dianggap kecelakaan. Hal itu diungkapkan juru bicara koalisi pimpinan AS, Myles Caggins.

Baca juga: AS Larang Penerbangan Komersial di Iran dan Irak

Caggins mengatakan posisi pesawat melampaui landasan pacu dan menabrak dinding, yang mengakibatkan kerusakan pesawat dan kebakaran kecil.

"Empat anggota di pesawat mengalami cedera yang tidak mengancam jiwa dan sudah dirawat di fasilitas medis Kamp Taji," kata Caggins dalam sebuah pernyataan pascainsiden. “Belum ada aktivitas musuh yang dicurigai. Insiden itu masih diselidikI,” imbuhnya.

Pejabat Irak menyebut pesawat itu mengangkut tujuh awak dan 26 penumpang. Di antara korban luka, yaitu dua orang pilot. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonimitas sesuai peraturan.

Pada Maret lalu, dua warga AS dan satu tentara Inggris tewas setelah rentetan serangan roket di Kamp Taji.(Al Arabiya/OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT