09 June 2020, 08:58 WIB

Longgarkan Lockdown, 20 Ribu Toko di Buenos Aires Kembali Dibuka


Nur Aivanni | Internasional

SEBANYAK 20.000 toko pakaian dan sepatu di Buenos Aires diizinkan untuk kembalu dibuka pada Senin (8/6). Hari itu bertepatan dengan kebijakan Argentina untuk mulai membuka kembali negaranya secara bertahap setelah lebih dari dua bulan menerapkan lockdown akibat virus korona baru (covid-19).

Saat ini, hanya bisnis yang dianggap penting yang diizinkan untuk dibuka kembali. Beberapa kegiatan akan kembali dimulai di 18 dari 24 provinsi. Sementara itu, enam provinsi lainnya, di mana virus masih aktif, tindakan penguncian yang lebih ketat tetap ada.

Namun, jaga jarak sosial akan tetap berlaku sampai 28 Juni, meski hal tersebut akan lebih fleksibel di daerah-daerah dengan sedikit atau tidak adanya kasus virus yang mematikan itu.

Baca juga: Kasus Covid-19 Argentina Lampaui 20.000

Senin (8/6), Argentina telah mencatat lebih dari 22.000 kasus, 670 kematian dan lebih dari 7.000 pasien yang pulih. Sekitar 85% dari kasus tersebut berada di daerah Buenos Aires.

Sementara itu, sekolah di seluruh negeri akan tetap ditutup. Pertemuan massa, pertunjukan, konser, dan acara olahraga juga masih dilarang. Aktivitas olahraga diperbolehkan antara jam 8 malam dan jam 8 pagi.

"Setelah 80 hari, kami kembali!" kata Natalia Babreno, 44, ketika memulai kembali rutinitas olahraganya.

Sejak pagi, puluhan orang berolahraga di taman di lingkungan Palermo. (France24/OL-5)
 

BERITA TERKAIT