07 June 2020, 05:34 WIB

Tempat Wisata Mulai Dibuka Kembali


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SEJUMLAH tempat wisata di Jakarta akan kembali dibuka untuk umum di masa PSBB transisi. Pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat dan jumlah pengunjung pun akan dibatasi.

Monumen Nasional, misalnya, mulai bisa dikunjungi warga pada minggu ketiga bulan ini, yakni sekitar 20 atau 21 Juni. “Rencananya kapasitas pengunjung yang masuk per jamnya 50 orang dulu. Itu berada di dalam ruangan tugu. Kalau dilihat sudah mencukupi kapasitas, warga tidak boleh masuk lagi,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas, Isa Sanuri, kemarin.

Sesuai protokoler dari Pemprov DKI, pihaknya juga melarang anak-anak dan ibu hamil untuk mengunjungi Monas. Saat pengecekan di pintu
masuk, pengunjung dengan suhu tubuh di atas 37 derajat Celsius juga dilarang masuk, kemudian pengunjung harus memakai masker dan menjaga jarak selama mengantre.

Sementara itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur akan buka kembali pada Sabtu (20/6). “Selain mendaftar dulu secara daring, kami juga tetap buka tiket masuk secara konvensional. Warga bisa datang langsung. Ada penerapan protokol kesehatan yang ketat di pintu masuk,” ujar Ketua Tim Protokol Kesehatan TMII, Diyono.

Waktu kunjungan ke TMII nantinya dibatasi. Dari biasa nya dibuka pada pukul 06.00 hingga 22.00 WIB, nanti hanya dibuka dari 08.00 sampai
dengan 16.00. “Pengunjung dibatasi hanya 10 ribu orang. Itu semua kegiatannya di outdoor, yang di dalam gedung tidak dibuka dulu,” kata Diyono.

Sementara itu, pengelola kawasan wisata Ancol mewajibkan calon pengunjung untuk memesan tiket terlebih dulu secara daring. “Tanggal pembukaan belum pasti. Akan ada pemberlakuan pembatasan jumlah pengunjung secara bertahap sampai 50% per hari dengan melihat situasi dan kondisi,” ungkap Manager Corporate Communcation PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari.

Untuk Taman Margasatwa Ragunan, pengelola tiap minggu akan tetap menghadirkan tayangan virtual wisata untuk melihat aktivitas satwa-satwa. Pasalnya, sejak ditutup 16 Maret lalu, warga tidak bisa melihat langsung tingkah satwa di Ragunan.

“Kali ini Taman Margasatwa Ragunan bakal membawa kamu melihat para buaya sekaligus anak-anak buaya yang masih kecil-kecil via live instagram @ragunanzoo, Minggu 7 Juni 2020 pukul 10.00,” cicit akun Pemprov DKI Jakarta di @DKIJakarta, kemarin.

Pantai Pangandaran

Pemerintah Kabupaten Pangandaran telah kembali membuka seluruh destinasi wisata di daerah itu mulai Jumat (5/6). Pembukaan itu didasari lantaran Pangandaran masuk di level 2 atau zona biru di Jawa Barat.

“Tidak sembarangan wisatawan yang bisa datang. Mereka harus dapat menunjukkan surat keterangan sehat dan hasil rapid test covid-19,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Untung Saeful Rachman.

Pemeriksaan akan dilakukan di wilayah perbatasan di Kabupaten Pangandaran hingga menuju kawasan pantai. Pengunjung yang diperbolehkan masuk hanyalah rombongan kecil, menggunakan angkutan umum dan kendaraan pribadi. “Kami akan mencoba terlebih dahulu selama tujuh hari dan setelah itu dievaluasi. Protokol kesehatan tetap berlaku seperti wajib mengenakan masker lalu menjaga jarak satu sama lain,” ujarnya. (AD/X-11)

BERITA TERKAIT