07 June 2020, 02:25 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Temanggung Terus Bertambah


Tosiani | Nusantara

KASUS positif korona (Covid-19) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah saat ini bertambah sembilan. Kepastian itu berdasarkan hasil tes swab yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Temanggung Sabtu (6/6). Dengan demikian saat ini total angka positif korona di Temanggung menjadi 32 orang.

Sebelumnya, sejak Rabu (4/6) kasus positif korona di Temanggung sempat berkurang menjadi hanya 24 orang karena beberapa penderita sudah dinyatakan sembuh. Penambahan sembilan kasus baru tersebut merupakan kelanjutan dari hasil rapid tes massal yang dilakukan di daerah itu.  

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, sebelum ini pihaknya melakukan tes rapid massal pada 5000 orang warga Temanggung. Hasilnya,  568 orang reaktif.

Dari jumlah yang reaktif tersebut ditindaklanjuti dengan melakukan swab test. "Hasil swab test yang keluar baru 96 orang dan dari jumlah itu sembilan orang dinyatakan positif,"sebut Khadziq.

Adanya penambahan angka kasus positif korona itu, menurut Khadziq merupakan bukti bahwa virus korona masih menjadi ancaman nyata. Karenanya ia meminta warga Temanggung lebih berhati-hati dan tetap menjalankan protokol kesehatan, tetap menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

"Kita terus berusaha maksimal melakukan tracking untuk menemukan kasus korona di masyarakat. Lebih baik ditemukan lebih awal meski hasilnya angka kasus tinggi tapi di masyarakat tertangani, dari pada grafik angka kasus rendah tapi kasus korona di masyarakat tidak tertangani," ujar Khadziq. (R-1)

BERITA TERKAIT