06 June 2020, 17:46 WIB

Monas Bakal Dibuka Lagi, Cuma 50 orang Bisa Masuk Tiap Jam


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MONUMEN Nasional (Monas) bakal dibuka kembali untuk umum. Rencananya, tempat wisata tersebut bisa dikunjungi warga pada minggu ketiga bulan ini, yakni sekitar 20 atau 21 Juni.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas Isa Sanuri menuturkan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama tempat tersebut dibuka. Pengunjung pun dibatasi setengahnya atau bisa lebih.

"Rencananya kapasitas pengunjung yang masuk perjamnya 50 orang dulu. Itu untuk di dalam ruangan Tugu. Situasi ruangan kan terbatas di dalam museum ya," kata Isa kepada Media Indonesia, Jakarta, Sabtu (6/5).

Selain itu, pihak Monas melarang anak-anak dan ibu hamil untuk mengunjungi Monas. Hal itu sesuai protokoler dari Pemprov DKI. Saat berada di pintu masuk, pengunjung harus dicek suhu tubuh. Jika diatas 37° maka warga dilarang masuk. Pengunjung harus memakai masker dan menjaga jarak selama mengantre.

Baca juga : Dishub DKI: Ruas Jalan Ganjil Genap di PSBB Transisi Berbeda

"Petugas bakal berjaga di tiga pintu masuk. Pintu masuk lenggang, barat daya sama barat laut. Kalau dilihat sudah mencukupi kapasitas, warga tidak boleh masuk lagi," jelas Isa.

Untuk jumla pengunjung akan dievaluasi tiap minggunya oleh pihak Monas. Isa menegaskan, pihaknya bakal menegur warga jika didapati berkerumun di taman-taman Monas. Petugas Monas bakal memantau kondisi itu.

"Petugas kita sehari ada 40 orang. Kami ingatkan dengan pengeras suara untuk tidak ngumpul-ngumpul. Rencananya dibuka sampai sore. Dari jam 08.00 pagi sampai 17.00 WIB," pungkas Isa. (OL-7)

BERITA TERKAIT