05 June 2020, 10:35 WIB

Sudin Gulkarmat Jakpus Lakukan Penyemprotan di Pasar Baru


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat melakukan penyemprotan disinfektan di area Pasar Baru.

Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penularan virus covid-19 di area-area umum.

Kasudin Damkar Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Keputusan Gubernur No 462 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta.

"Hari ini kita semprot disinfektan di wilayah sekitar Pasar baru, yakni di Pasar Baru dan area sekitarnya. Hal ini dilakukan atas dasar Kepgub 462/2020 Percepatan Penanganan Covid-19," kata Asril di sela kegiatan tersebut, Jumat (5/6).

Asril menyebut kegiatan itu merupakan kegiatan rutin karena dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dinas Gulkarmat berserta Sudin di lima wilayah dan satu kabupaten bertugas di sektor penyemprotan disinfektan di fasilitas pemerintahan dan di fasilitas umum.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Depok Kembali Bertambah

Pasar Baru merupakan pasar kedua yang disemprot dengan disinfektan. Sebelumnya, kemarin, Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat juga sudah menyemprot disinfektan di Pasar Tanah Abang.

Sementara untuk fasum lainnya, Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah, yakni masjid-masjid di antaranya Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta.

"Kami juga didukung TNI, Polri, Satpol PP, Dishub DKI," ujar Asril.

Dalam kegiatan ini ada 23 petugas yang dibagi dalam empat regu diterjunkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Selain itu, total ada delapan unit mesin penyemprotan yang digunakan.

Untuk alat-alat dan mesin lainnya yang digunakan adalah 1 unit Light Fire Truck, 1 unit Watermist, dan total 5 kilogram cairan disinfektan. (OL-14)

BERITA TERKAIT