05 June 2020, 07:15 WIB

Masa Transisi, Pembelian Tiket MRT Tetap Melalui Mesin


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Pada masa transisi yang akan dimulai besok, PT MRT Jakarta akan tetap tidak melayani pembelian tiket melalui petugas di loket yang ada di stasiun.

Dengan demikian, pembelian tiket Multi Trip Ticket (MTT) hanya melalui mesin (vending machine). Alhasil, Single Trip Ticket (STT) untuk sementara ini belum diperjualbelikan.

"Loket manual besok belum dibuka, sehingga STT juga belum dijual. Hal ini berdasarkan protokol untuk mengurangi interaksi langsung antara petugas MRT dan penumpang. Penjualan tiket dilakukan melalui Ticket Vending Machine," kata Corporate Secretary Head Division PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin, Kamis (4/6).

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Transportasi Publik

Sejak awal masa PSBB tahap 1, PT MRT Jakarta telah meniadakan pembelian tiket melalui petugas. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan covid-19.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menetapkan masa transisi selama satu bulan. Selama masa itu terdapat pelonggaran dengan diizinkan beroperasinya beberapa sektor yang sebelumnya ditutup.

Mengantisipasi lonjakan penumpang dan memfasilitasi pekerja yang mulai masuk karena pelonggaran sektor ekonomi di masa transisi, Kamal menyebut jam operasional MRT akan diperpanjang.

Pada masa PSBB, jam operasional MRT adalah pukul 06.00-18.00 WIB. Pada masa transisi, jam operasional menjadi pukul 05.00-21.00. Sementara pada akhir pekan, jam operasional ditetapkan pada pukul 06.00-20.00 WIB.

Selain itu, seluruh stasiun MRT sudah beroperasi melayani penumpang. (OL-14)

BERITA TERKAIT